Page 35 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 35
• Pendidikan )arak Jauh dalam Konteks Pendidikan Nasional
itu tidak mungkin terjadi, banyak di antara kita yang memakluminya,
akan tetapi apa yang harus dilakukan? Tidak banyak ahli yang peduli
untuk menjawabnya, karena waktunya habis untuk memikirkan
karier dan kekayaan, pembangunan fisik, ilmu dan teknologi, yang
juga penting untuk dipikirkan dan dilaksanakan, tetapi bila sampai
melupakan aspek kehidupan yang lebih penting, seperti agama dan
budi pekerti, maka seluruh kehidupan manusia akan rusak, seperi
yang sekarang sudah terjadi di mana-mana. Masalah ini harus
ditangani, baik oleh pendidikan konvensional, pendidikan jarak
jauh, pendidikan masyarakat maupun pendidikan dalam keluarga.
3. Pengajaran yang Relevan
Untuk menyesuaikan pelajaran dengan ilmu pengetahuan yang
berubah dengan cepat PJJ lebih sui it daripada pendidikan konvensi-
onal karena pendidikan jarak jauh banyak menggunakan media yang
sulit diubah setiap tahun, sedangkan pada pendidikan konvensional,
karena media utamanya adalah orang (guru), maka perubahan
pelajaran dapat dilakukan sewaktu-waktu.
Untunglah bahwa keharusan untuk mengubah pelajaran supaya
relevan dengan kehidupan peserta didik biasanya tidak banyak dari
tahun ke tahun. Namun demikian, supaya pendidikan jarak jauh
tidak terjebak pada materi pelajaran yang sebetulnya sudah usang,
maka pengembang pelajaran harus mengadakan survei terlebih
dahulu sebelum menetapkan materi pelajaran secara detail. Sekali
materi ditetapkan dan dibuat, maka biasanya materi tersebut
dipertahankan selama lima tahun, sebelum materi tersebut direvisi
dan dibuat kembali. Hal ini terutama berlaku bagi materi pelajaran
yang jumlahnya dibuat banyak, karena diminati oleh banyak peserta
didik. Bagi materi yang dibuat sedikit jumlahnya, karena tidak begitu
diminati oleh peserta didik, revisi materi juga masih sulit dilakukan,
karen a usaha pembuatan materi biasanya mel iputi banyak orang
17