Page 229 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 229

•   Pendidikan  Guru ]arak ]auh  (Kasus  FKIP  Universitas Terbuka)



              Ujian  PKP  diikuti  oleh  mahasiswa  program  51,  baik  51  PG5D
           maupun  51  Kependidikan  Bidang  5tudi.  Nilai  seorang  mahasiswa
           dalam  PKP  ditentukan  oleh  dua  komponen,  yaitu  nilai  laporan  dan
           nilai  ujian  PKP.  Laporan  dibuat oleh  mahasiswa atas  perbaikan  yang
           sudah  dilakukannya  di  kelasnya  sendiri;  sedangkan  ujian  PKP
           mempersya·ratkan  mahasiswa  mengajarkan  dua  bidang  studi/topik
           yang  berbeda  yang  sudah  pernah  menjadi  fokus  perbaikan  ketika
           mahasiswa  berlatih  memperbaiki  pembelajaran  melalui  PTK.  Nilai
           akhir mahasiswa  dalam  PKP  ditentukan  oleh  nilai  laporan  dan  nilai
           ujian.

           e.  Ujian  Akhir Semester

              Ujian  akhir  semester  (UA5)  ditempuh  oleh  mahasiswa  untuk
           mata  kuliah  yang  memang  mempersyaratkan  UA5.  Pada  umumnya,
           UA5  diberikan  dalam  bentuk  soal  pilihan  ganda,  yang  dapat
           dikombinasikan  dengan  tes  jawaban  singkat,  serta  diselenggarakan
           secara  serentak  di  seluruh  Indonesia.  Nilai  UA5  pada  dasarnya
           memberikan kontribusi terbesar bagi  nilai akhir mata kuliah.

           f.   Tugas  Akhir Program

              5ebelum   menyelesaikan   program,   mahasiswa  diwajibkan
           menempuh  ujian  komprehensif tertulis  (UKT),  yang  bertujuan  untuk
           menguji  wawasan/kemampuan  mahasiswa  menerapkan  berbagai
           konsep  dalam  program  studi  yang  diambilnya.  Belakangan,  UKT
           diubah  menjadi  Tugas  Akhir  Program  (TAP),  yang  diberlakukan
           mulai  masa  registrasi  2004.2  bagi  FKIP  dan  2006.1  bagi  UT.  TAP
           merupakan  tugas  yang  harus  dikerjakan  oleh  mahasiswa  yang
           menuntut  kemampuan  dalam  menganalisis  dan  memecahkan
           masalah  dalam  bidang  masing-masing.  Kemampuan  ini diwujudkan
           dalam  bentuk  karya  ilmiah  yang  dihasilkan  dari  bimbingan  TAP




                                                                  211
   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234