Page 227 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 227
• Pendidikan Guru Jarak Jauh (Kasus FKIP Universitas Terbuka)
2. Evaluasi dan Ujian Nasional
Untuk mengevaluasi ketercapaian kompetensi, mahasiswa
pendidikan guru diwajibkan mengikuti berbagai prosedur penilaian.
Kemampuan keguruan merupakan kemampuan yang kompleks;
sehingga prosedur dan alat evaluasi harus diprogramkan secara
komprehensif. Sehubungan dengan itu, ketercapaian kompetensi
mahasiswa diakses melalui berbagai prosedur, yaitu: (a)Tugas
Mandiri (TM), (b) Tugas Tutorial, (c) Kegiatan Praktek dan Praktikum,
(d) ujian PKM dan PKP, (e) Ujian Akhir Semester (UAS), serta (f)
Tugas Akhir Program (TAP). Sebagai perguruan tinggi negeri,
penyelenggaraan ujian dilakukan oleh lembaga sendiri. Dengan
perkataan lain, tidak ada ujian nasional yang biasanya diselenggara-
kan bagi mahasiswa perguruan tinggi. Berikut ini diuraikan
pengertian, karakteristik, dan bobot sumbangan dari setiap jenis
perangkat penilaian.
a. Tugas Mandiri (TM)
Sesuai dengan namanya, tugas mandiri (TM) dikerjakan secara
mandiri oleh para mahasiswa. Tugas ini berupa tes, yang umumnya
dalam bentuk tes objektif pilihan ganda dan diberikan untuk
menguji penguasaan mahasiswa terhadap sekitar 50% materi modul
bahan ajar setiap mata kuliah. Dengan demikian, fungsi TM dapat
disamakan dengan ujian tengah semester untuk mahasiswa di
perguruan tinggi tatap· muka. Dari segi bentuk tes yang digunakan,
dapat disimak bahwa kemampuan yang dinilai dengan TM sebagian
besar berkisar pada penguasaan konsep yang bersifat kognitif.
b. Tugas Tutorial
Tugas tutorial merupakan tugas yang diberikan dalam tutorial,
khususnya dalam tutorial tatap muka; meskipun tugas ini dapat juga
209