Page 227 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 227

•   Pendidikan Guru Jarak Jauh  (Kasus FKIP  Universitas Terbuka)


           2.  Evaluasi dan  Ujian Nasional

              Untuk  mengevaluasi  ketercapaian  kompetensi,  mahasiswa
           pendidikan  guru diwajibkan  mengikuti  berbagai  prosedur penilaian.
           Kemampuan  keguruan  merupakan  kemampuan  yang  kompleks;
           sehingga  prosedur  dan  alat  evaluasi  harus  diprogramkan  secara
           komprehensif.  Sehubungan  dengan  itu,  ketercapaian  kompetensi
           mahasiswa  diakses  melalui  berbagai  prosedur,  yaitu:  (a)Tugas
           Mandiri (TM),  (b) Tugas Tutorial, (c)  Kegiatan  Praktek dan  Praktikum,
           (d)  ujian  PKM  dan  PKP,  (e)  Ujian  Akhir  Semester  (UAS),  serta  (f)
           Tugas  Akhir  Program  (TAP).  Sebagai  perguruan  tinggi  negeri,
           penyelenggaraan  ujian  dilakukan  oleh  lembaga  sendiri.  Dengan
           perkataan  lain,  tidak ada  ujian  nasional  yang biasanya diselenggara-
           kan  bagi  mahasiswa  perguruan  tinggi.  Berikut  ini  diuraikan
           pengertian,  karakteristik,  dan  bobot  sumbangan  dari  setiap  jenis
           perangkat penilaian.


           a.   Tugas  Mandiri (TM)
              Sesuai  dengan  namanya,  tugas  mandiri  (TM)  dikerjakan  secara
           mandiri  oleh  para  mahasiswa.  Tugas  ini  berupa tes,  yang  umumnya
           dalam  bentuk   tes  objektif  pilihan  ganda  dan  diberikan  untuk
           menguji penguasaan  mahasiswa terhadap sekitar  50%  materi  modul
           bahan  ajar  setiap  mata  kuliah.  Dengan  demikian,  fungsi  TM  dapat
           disamakan   dengan  ujian  tengah  semester  untuk  mahasiswa  di
           perguruan  tinggi  tatap· muka.  Dari  segi  bentuk tes  yang  digunakan,
           dapat disimak bahwa kemampuan  yang dinilai dengan TM sebagian
           besar berkisar pada penguasaan  konsep yang bersifat kognitif.


           b.   Tugas  Tutorial

              Tugas  tutorial  merupakan  tugas  yang  diberikan  dalam  tutorial,
           khususnya dalam tutorial  tatap muka;  meskipun tugas  ini dapat juga




                                                                  209
   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232