Page 228 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 228
Pendidikan )arak )auh •
diberikan dalam tutorial online dan tutorial tertulis. Tugas diberikan
dan dinilai oleh tutor. Pada umumnya, tugas ini menuntut maha-
siswa mendemonstrasikan kemampuannya dalam menganalisis dan
memecahkan masalah dan/atau menunjukkan keterampilannya
dalam mengerjakan sesuatu yang terkait dengan mata kuliah yang
sedang diambil. Tugas tutorial diberikan dan dinilai oleh tutor pada
waktu yang telah ditetapkan, yaitu pada pertemuan ketiga, kelima,
dan ketujuh dari tutorial yang menjadwalkan pertemuan sebanyak
delapan kali. Nilai tugas tutorial mempunyai kontribusi tertentu
terhadap nilai akhir mata kuliah, yaitu antara 10% s.d. 30%.
c. Kegiatan Praktek dan Praktikum
Kegiatan praktek dan praktikum dinilai melalui laporan yang
dibuat oleh mahasiswa dengan menggunakan format yang telah
disediakan. Laporan ini dinilai dan mempunyai kontribusi terhadap
nilai akhir mata kul iah yang mempersyaratkan prakteklpraktikum.
Besar kontribusi berkisar antara 10% s.d. 40%, tergantung dari
karakteristik mata kuliah.
d. Ujian PKM dan PKP
Ujian PKM ditempuh oleh mahasiswa D-11 PGSD yang sudah
mendapat rekomendasi layak mengikuti ujian dari para supervisor.
Dengan adanya rekomendasi ini, diharapkan setiap mahasiswa yang
mengikuti ujian PKM telah menjalani latihan yang memadai serta
telah diasumsikan menguasai kompetensi yang diharapkan. Dalam
ujian PKM, mahasiswa diwajibkan mengajar dua kali dengan bidang
studi/topik yang berbeda. Setiap mahasiswa diuji oleh dua orang
penguji yang menilai persiapan (rencana pembelajaran) dan
pelaksanaan pembelajaran.
210