Page 224 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 224
Pendidikan Jarak Jauh •
karakteristik mata kuliah, serta panduan praktek dan praktikum yang
akan memandu mahasiswa ketika akan mengikuti kegiatan tersebut.
Tempat kegiatan mungkin di laboratorium sekolah atau perguruan
tinggi terdekat, di kelompok belajar, atau di tempat lain yang
ditentukaA. Sebagai bukti bahwa mahasiswa telah mengikuti
kegiatan praktek/praktikum dan sekaligus untuk menilai kemampun
mereka dalam melakukan kegiatan tersebut, para mahasiswa
diwajibkan membuat laporan.
e. PKM dan PKP
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP) merupakan mata kuliah yang
menekankan pada praktek. Mengajar merupakan satu kemampuan
yang sangat kompleks yang hanya mungkin dibentuk melalui latihan
yang sistematis dan bertahap. Kegiatan PKM akan memungkinkan
mahasiswa mengalami latihan pemantapan kemampuan mengajar
yang telah dimilikinya secara berta~ap dan sistematis, seperti latihan
penguasaan konsep keterampilan dasar mengajar, berlatih
menerapkannya dalam bentuk simulasi, serta mendiskusikan hasil
latihan tersebut. Hasil diskusi digunakan sebagai masukan bagi
latihan berikutnya. Dengan demikian, PKM akan mampu membuat
guru mengajar lebih baik, sehingga kualitas proses belajar siswa pun
diharapkan akan meningkat.
Pada awalnya, banyak pihak yang menentang kehadiran mata
kuliah PKM dalam Program Pendidikan Guru dalam jabatan.
Mereka beranggapan bahwa para guru yang menjadi mahasiswa
tidak perlu latihan mengajar lagi, karena mereka sudah menjadi
guru. Bagi para guru yang sudah mengajar ini, yang diperlukan
adalah penguasaan bidang studi serta pengetahuan lain yang akan
membuat wawasan mereka menjadi semakin luas. Tentu saja
argumentasi demikian itu dipatahkan oleh konsep dasar kemampuan
206