Page 224 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 224

Pendidikan  Jarak Jauh   •



        karakteristik  mata  kuliah,  serta  panduan  praktek dan  praktikum yang
        akan  memandu  mahasiswa  ketika  akan  mengikuti  kegiatan  tersebut.
        Tempat  kegiatan  mungkin  di  laboratorium  sekolah  atau  perguruan
        tinggi  terdekat,  di  kelompok  belajar,  atau  di  tempat  lain  yang
        ditentukaA.  Sebagai  bukti  bahwa  mahasiswa  telah  mengikuti
        kegiatan  praktek/praktikum  dan  sekaligus  untuk  menilai  kemampun
        mereka  dalam  melakukan  kegiatan  tersebut,  para  mahasiswa
        diwajibkan membuat laporan.


        e.   PKM  dan  PKP
            Pemantapan  Kemampuan  Mengajar  (PKM)  dan  Pemantapan
        Kemampuan  Profesional  (PKP)  merupakan  mata  kuliah  yang
        menekankan  pada  praktek.  Mengajar  merupakan  satu  kemampuan
        yang sangat kompleks yang hanya mungkin dibentuk melalui  latihan
        yang  sistematis  dan  bertahap.  Kegiatan  PKM  akan  memungkinkan
        mahasiswa  mengalami  latihan  pemantapan  kemampuan  mengajar
        yang telah dimilikinya secara  berta~ap dan  sistematis,  seperti  latihan
        penguasaan   konsep   keterampilan   dasar   mengajar,   berlatih
        menerapkannya  dalam  bentuk  simulasi,  serta  mendiskusikan  hasil
        latihan  tersebut.  Hasil  diskusi  digunakan  sebagai  masukan  bagi
        latihan  berikutnya.  Dengan  demikian,  PKM  akan  mampu  membuat
        guru  mengajar lebih  baik,  sehingga kualitas  proses  belajar siswa pun
        diharapkan akan  meningkat.
            Pada  awalnya,  banyak  pihak  yang  menentang  kehadiran  mata
        kuliah  PKM  dalam  Program  Pendidikan  Guru   dalam  jabatan.
        Mereka  beranggapan  bahwa  para  guru  yang  menjadi  mahasiswa
        tidak  perlu  latihan  mengajar  lagi,  karena  mereka  sudah  menjadi
        guru.  Bagi  para  guru  yang  sudah  mengajar  ini,  yang  diperlukan
        adalah  penguasaan  bidang  studi  serta  pengetahuan  lain  yang  akan
        membuat  wawasan  mereka  menjadi  semakin  luas.  Tentu  saja
        argumentasi demikian itu dipatahkan oleh konsep dasar kemampuan



        206
   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229