Page 219 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 219

•   Pendidikan Guru )arak )auh  (Kasus  FKIP Universitas Terbuka)



           dituntut,  baik   melalui  pengerjaan  tugas  dan  latihan,  maupun
           melalui  pengerjaan  tes  formatif.  Jika  perlu,  mereka  dapat  berdiskusi
           dengan  teman-temannya  atau  berkonsultasi  dengan  para  tutor.
           Terdapat  modul-modul  tertentu  yang  dilengkapi  dengan  media
           audio  dan/atau  video  yang  terkait  dengan  kompetensi  yang
           didukung  oleh  modul  tersebut.  Dalam  hal  ini,  mahasiswa  harus
           mampu  mengatur  diri  untuk   mendengarkan   atau  menyaksikan
           media  yang  disediakan  tersebut.  Tanpa  melakukan  kegiatan  itu,
           mahasiswa tidak mungkin menguasai  kompetensi yang diharapkan.
               Meskipun  kegiatan  membaca  modul  merupakan  kegiatan
           mandiri  yang  wajib  dilakukan  oleh  mahasiswa  sebelum  mengikuti
           tutorial,  namun  pengalaman  menunjukkan  banyak  mahasiswa  yang
           belum  membaca  modul  ketika  datang  ke  tempat  tutorial.  Tidak
           semua  mahasiswa  mampu  mengubah  gaya  belajar  tradisional
           menjadi gaya belajar mandiri. Oleh karena  itu,  layanan  belajar baik
           yang bersifat akademik maupun nonakademik harus disediakan  bagi
           mahasiswa  (Simpson,  2000).  Sering  terjadi  mahasiswa  hanya
           membaca  modul  ketika  ujian  sudah  di  ambang  pintu.  Gaya  belajar
           seperti  ini  tentu  tidak  akan  membuahkan  hasil  yang  diharapkan
           karena  membaca  modul  bukan  seperti  membaca  dongeng  yang
           dapat  dilahap  dalam  waktu  singkat.  Membaca  modul  memerlukan
           kesungguhan  dan  kecermatan  agar  konsep-konsep  yang  dipelajari
           dapat dikuasai dengan  baik.  Oleh  karena  itu,  mahasiswa  pendidikan
           jarak jauh,  lebih-lebih  mahasiswa  pendidikan  guru,  harus  membuat
           jadwal  belajar  dan  menaati  jadwal  tersebut.  Disiplin  terhadap  diri
           sendiri  sangat  menentukan keberhasilan  mahasiswa, di samping juga
           akan  menjadi kunci  keberhasilan dalam  melaksanakan tugas  sebagai
           guru  yang  sedang  melanjutkan  studi.  Di  sinilah  pentingnya  layanan
           belajar seperti  yang sudah diungkapkan di depan.







                                                                   201
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224