Page 218 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 218
Pendidikan Jarak )auh •
pendidikan guru jarak jauh cepat mampu menyesuaikan diri dengan
tuntutan belajar mandiri.
Sejalan dengan tuntutan belajar mandiri, para mahasiswa yang
sedang aktif bertugas sebagai guru, diharapkan mampu mengatur
dirinya dalam belajar dan melaksanakan tugas sebagai guru. Mereka
diharapkan mampu menguasai berbagai kemampuan keguruan
melalui berbagai kegiatan, seperti mempelaja~i materi pokok yang
disediakan dalam bentuk modul, membentuk kelompok belajar
untuk membahas berbagai permasalahan yang ditemui dalam
mencerna isi modul, mengikuti tutorial, baik yang bersifat wajib,
maupun atas prakarsa sendiri, mengikuti kegiatan praktikum, serta
mengikuti kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang merupakan muara
dari program pendidikan guru. Setiap kegiatan belajar mempunyai
tuntutan dan ciri khas masing-masing sesuai dengan kemampuan
yang akan dikuasai, sebagaimana yang terungkap dalam deskripsi
berikut ini. Namun perlu dicatat bahwa kualitas setiap kegiatan
belajar akan saling mempengaruhi keberhasilan mahasiswa.
Misalnya, kegiatan mahasiswa dalam membaca modul akan
mempengaruhi kualitas kegiatan tutorial yang diikuti, demikian pula
kegiatan tutorial akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam
melaksanakan PKM dan PKP.
a. Membaca Modul
Kegiatan membaca modul mata kuliah yang sedang diambil
menuntut mahasiswa mengerjakan berbagai tugas dan latihan yang
dapat dilakukan secara mandiri. Bahan belajar yang disiapkan dalam
bentuk modul memang dikembangkan untuk memenuhi prinsip:
"mandiri", yang berarti mahasiswa mampu membelajarkan dirinya
sendiri dengan menggunakan modul yang disediakan. Mereka
mampu menilai kemajuannya dalam penguasaan kompetensi yang
200

