Page 218 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 218

Pendidikan Jarak )auh   •



       pendidikan guru jarak jauh cepat mampu menyesuaikan diri dengan
       tuntutan belajar mandiri.
           Sejalan  dengan  tuntutan  belajar  mandiri,  para  mahasiswa  yang
       sedang  aktif  bertugas  sebagai  guru,  diharapkan  mampu  mengatur
       dirinya dalam  belajar dan  melaksanakan  tugas  sebagai  guru.  Mereka
       diharapkan  mampu  menguasai  berbagai  kemampuan  keguruan
       melalui  berbagai  kegiatan,  seperti  mempelaja~i materi  pokok  yang
       disediakan  dalam  bentuk  modul,  membentuk  kelompok  belajar
       untuk  membahas  berbagai  permasalahan  yang  ditemui  dalam
       mencerna  isi  modul,  mengikuti  tutorial,  baik  yang  bersifat  wajib,
       maupun  atas  prakarsa  sendiri,  mengikuti  kegiatan  praktikum,  serta
       mengikuti  kegiatan  Pemantapan  Kemampuan  Mengajar  (PKM)  dan
       Pemantapan  Kemampuan  Profesional  (PKP)  yang  merupakan  muara
       dari  program  pendidikan  guru.  Setiap  kegiatan  belajar  mempunyai
       tuntutan  dan  ciri  khas  masing-masing  sesuai  dengan  kemampuan
       yang  akan  dikuasai,  sebagaimana  yang  terungkap  dalam  deskripsi
       berikut  ini.  Namun  perlu  dicatat  bahwa  kualitas  setiap  kegiatan
       belajar  akan   saling  mempengaruhi  keberhasilan   mahasiswa.
       Misalnya,  kegiatan  mahasiswa  dalam  membaca  modul  akan
       mempengaruhi  kualitas  kegiatan  tutorial  yang diikuti, demikian  pula
       kegiatan  tutorial  akan  mempengaruhi  kemampuan  mahasiswa dalam
       melaksanakan PKM dan  PKP.


       a.   Membaca Modul

           Kegiatan  membaca  modul  mata  kuliah  yang  sedang  diambil
       menuntut  mahasiswa  mengerjakan  berbagai  tugas  dan  latihan  yang
       dapat dilakukan secara  mandiri. Bahan  belajar yang disiapkan dalam
       bentuk  modul  memang  dikembangkan  untuk  memenuhi  prinsip:
       "mandiri",  yang  berarti  mahasiswa  mampu  membelajarkan  dirinya
       sendiri  dengan  menggunakan  modul  yang  disediakan.  Mereka
       mampu  menilai  kemajuannya  dalam  penguasaan  kompetensi  yang



       200
   213   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223