Page 215 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 215

•   Pendidikan Guru ]arak ]auh  (Kasus FKIP  Universitas Terbuka)



           ini  mampu  membuat  mahasiswa  belajar  secara  mandiri,  mengatur
           kecepatan   belajarnya,   menilai   pencapaiannya   sendiri,   serta
           berdasarkan  hasil  penilaian tersebut,  memutuskan  untuk mengulang
           kembali  atau  meneruskan  ke  bahan  belajar  berikutnya.  Lengkap
           berarti  segala  sumber  belajar  yang  diperlukan  mahasiswa  untuk
           mencapai  kompetensi  yang diharapkan tersedia dalam bahan  belajar
           tersebut.  Oleh  karena  itu,  berbagai  media  seperti  media  cetak,
           media  audio,  dan  video  merupakan  suplemen  dari  modul-modul
           tertentu,  sehingga  mahasiswa  mendapatkan  materi  yang  memadai
           yang  akan  menunjang pencapaian  kompetensi  yang diharapkan.  Di
           samping  itu,  sumber-sumber yang diperkirakan  dapat diakses  secara
           mudah oleh mahasiswa, juga dicantumkan dalam bahan  belajar.
               Dengan   melihat  jumlah  waktu  yang  diperlukan   untuk
           menguasai  kompetensi  yang  dituntut  dalam  sebuah  modul,  maka
           bobot sebuah  modul ditentukan sama dengan  1/3  (sepertiga)  sks.  lni
           berarti, bahan  belajar mata kuliah yang berbobot dua sks akan terdiri
           dari  enam  modul;  untuk  mata  kuliah  tiga  sks,  sembilan  modul  dan
           seterusnya.  Sebuah  modul  terdiri  dari  40-60 halaman  untuk bidang
           noneksakta, dan  30-40 halaman  untuk mata kuliah eksakta.  Dengan
           pembatasan  jumlah  halaman  seperti  itu,  diharapkan  bahan  belajar
           akan  memuat  berbagai  contoh  dan  latihan  yang  mempermudah
           mahasiswa  mencerna  berbagai  konsep,  khususnya  konsep-konsep
           yang akan  diterapkan  langsung oleh  para  guru,  ketika  melaksanakan
           tugasnya  sebagai  guru.  Kemampuan  keguruan  memang  harus
           dibentuk  melalui  latihan  yang  dirancang  secara  sistematis  dan
           bertahap.  Contoh-contoh  yang  tepat  dengan  jumlah  yang  memadai
           akan  mempermudah  para  mahasiswa  untuk  melaksanakan  latihan,
           baik secara  mandiri, maupun dalam kelompok.
               Para  pengembang  bahan  ajar  jarak  jauh  berasal  dari  berbagai
           LPTK  tatap  muka  yang  cukup  terkenal  di  negeri  ini,  di  samping
           tenaga   akademik  dari   FKIP-UT.   Agar   para   penulis  dapat




                                                                   197
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220