Page 212 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 212

Pendidikan J arak J auh   •



       D-11  PGSD  Penyetaraan  diharapkan  akan  setara  dengan  Kurikulum
        D-11  PGSD Prajabatan.

           Di  samping  mengacu  kepada  kurikulum  program  prajabatan,
       Kurikulum  Pendidikan  Guru  jarak  jauh  juga  mengikuti  perkem-
       bangan   mutakhir  dalam  bidang  pendidikan  serta  kebijakan
       pemerintah  yang  tertuang  dalam  Undang-undang  tentang  Sistem
       Pendidikan  Nasional  (Sisdiknas),  seperti  Standar  Nasional  Pendidik-
       an,  serta  otonomi  dan  demokratisasi  pendidikan.  Berbagai  pemba-
       haruan  dalam  kurikulum  dan  pembelajaran  seperti  pendekatan
       kompetensi  yang  melahirkan  Kurikulum  Berbasis  Kompetensi  (KBK),
       Manajemen  Berbasis  Sekolah  (MBSJ,  pendekatan  konstruktivisme,
       pembelajaran  kreatif dan  produktif,  pembelajaran  berbasis  kecerdas-
       an  majemuk,  juga  diakomodasi  dalam  pengembangan  Kurikulum
       Pendidikan  Guru  jarak  jauh.  Selain  itu,  perkembangan  pendidikan
       yang  terjadi  pada  jenjang  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  seperti
       perubahan  kurikulum  sekolah,  perubahan  nama  satuan  pendidikan,
       sistem  pembelajaran,  juga  menjadi  pertimbangan  utama  dalam
       pengembangan  Kurikulum  Pendidikan  Guru  _jarak  jauh.  Para
       mahasiswa  pendidikan  guru  jarak  jauh  adalah  para  guru  yang
       sedang  aktif mengajar di  berbagai  jenjang sekolah.  Oleh  karena  itu,
       merek-a  seyogyanya  diakrabkan  dengan  berbagai  perkembangan
       pendidikan   yang  terjadi  di  berbagai  satuan  pendidikan.  Hal  ini
       diharapkan  dapat  membantu  mereka   rnencerna  pembaharuan
       tersebut  lebih  cepat  dari  rekan-rekannya  yang  tidak  sedang
       melanj utkan stud i.
           Tidak  berbeda  dengan   Kurikulurn  Pendidikan  Guru  Tatap
       Muka,  kurikulum  utuh  setiap  program  studi  dalarn  Pendidikan  Guru
       jarak jauh terdiri dari komponen-komponen berikut.
        1.  Visi,  misi, dan tujuan  Program Studi.
       2.   Profii!Kompetensi  Lulusan.





        194
   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217