Page 212 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 212
Pendidikan J arak J auh •
D-11 PGSD Penyetaraan diharapkan akan setara dengan Kurikulum
D-11 PGSD Prajabatan.
Di samping mengacu kepada kurikulum program prajabatan,
Kurikulum Pendidikan Guru jarak jauh juga mengikuti perkem-
bangan mutakhir dalam bidang pendidikan serta kebijakan
pemerintah yang tertuang dalam Undang-undang tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Sisdiknas), seperti Standar Nasional Pendidik-
an, serta otonomi dan demokratisasi pendidikan. Berbagai pemba-
haruan dalam kurikulum dan pembelajaran seperti pendekatan
kompetensi yang melahirkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK),
Manajemen Berbasis Sekolah (MBSJ, pendekatan konstruktivisme,
pembelajaran kreatif dan produktif, pembelajaran berbasis kecerdas-
an majemuk, juga diakomodasi dalam pengembangan Kurikulum
Pendidikan Guru jarak jauh. Selain itu, perkembangan pendidikan
yang terjadi pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah seperti
perubahan kurikulum sekolah, perubahan nama satuan pendidikan,
sistem pembelajaran, juga menjadi pertimbangan utama dalam
pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru _jarak jauh. Para
mahasiswa pendidikan guru jarak jauh adalah para guru yang
sedang aktif mengajar di berbagai jenjang sekolah. Oleh karena itu,
merek-a seyogyanya diakrabkan dengan berbagai perkembangan
pendidikan yang terjadi di berbagai satuan pendidikan. Hal ini
diharapkan dapat membantu mereka rnencerna pembaharuan
tersebut lebih cepat dari rekan-rekannya yang tidak sedang
melanj utkan stud i.
Tidak berbeda dengan Kurikulurn Pendidikan Guru Tatap
Muka, kurikulum utuh setiap program studi dalarn Pendidikan Guru
jarak jauh terdiri dari komponen-komponen berikut.
1. Visi, misi, dan tujuan Program Studi.
2. Profii!Kompetensi Lulusan.
194