Page 207 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 207
• Pendidikan Guru )arak Jauh (Kasus FKIP Universitas Terbuka)
pendidikan guru jarak jauh untuk menyelenggarakan pendidikan
guru, baik yang prajabatan maupun yang dalam jabatan.
3. Fungsi Pendidikan Guru pada FKIP Universitas Terbuka
Fungsi pendidikan guru jarak jauh yang diselenggarakan oleh
Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) lebih menekankan
pada pendidikan dalam jabatan, bukan pada pendidikan prajabatan.
Hal ini didasarkan pada hakikat dari pendidikan jarak jauh yang
sesuai dengan kondisi para guru yang memerlukan peningkatan
kualifikasi. Pendidikan jarak jauh yang dapat berlangsung tanpa
mengenal batas-batas ruang, waktu, serta latar belakang budaya dan
sosial ekonomi, membuat pendidikan guru jarak jauh menjadi
pilihan utama bagi para guru yang sedang aktif bertugas di sekolah.
jauhnya tempat mengajar para guru dengan lembaga pendidikan
guru tatap muka, terbatasnya waktu para guru untuk mengikuti
pendidikan tatap muka, serta terbatasnya kondisi ekonomi para
guru, merupakan kendala utama dalam meningkatkan kualifikasi
melalui pendidikan guru tatap muka. Bagaimanapun juga, terlepas
dari kondisi tempat mereka bertugas, setiap guru berhak mendapat
kesempatan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan
· profesional, dan sekaligus berhak, bahkan wajib, meningkatkan
kualifikasi sesuai dengan tuntutan yang semakin meningkat. Oleh
karena itu, pada saat ini, pendidikan guru jarak jauh memainkan
peran yang sangat potensial dalam peningkatan kualifikasi guru.
Komitmen yang ditunjukkan oleh FKIP-UT untuk menyeleng-
garakan program dalam jabatan merupakan kesepakatan tidak
tertulis yang juga dilandasi oleh kenyataan tuntutan pendidikan guru
prajabatan, terutama dalam tuntutan pelaksanaan Pemantapan
Pengalaman Lapangan (PPL). Sudah merupakan rahasia umum
bahwa pendidikan guru tatap muka juga mendapatkan kesulitan
dalam mencari sekolah latihan dan membimbing para mahasiswa
189