Page 203 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 203

Bab VI




                  Pendidikan Guru Jarak Jauh
                       (Kasus  FKIP  Universitas Terbuka)





                   I G. A.  K.  Wardani,  Udin S.  Winataputra


          A.  Fungsi  dan Satuan  Pendidikan

          1.  Guru dan Pendidikan Guru

              Pendidikan  guru merupakan suatu  lembaga yang keberadaannya
          sangat diperlukan sepanjang masa,  karena keberadaan  guru memang
          tidak  dapat  dipisahkan  dari  perkembangan  sebuah  bangsa.  Guru
          merupakan  aset besar sebuah  bangsa yang ingin  berkembang karena
          gurulah  yang dianggap berperan  penting dalam  mengantarkan  suatu
          bangsa  menuju  berbagai  kemajuan  dan  meninggalkan  berbagai
          keterpurukan.  Kanan  kabarnya,  ketika  Hiroshima  dan  Nagasaki
          luluh  lantak  dibom  atom,  hal  pertama  yang  mendapat  perhatian
          pemerintah  jepang  adalah  guru.  Meskipun  banyak  faktor  lain  yang
          menyebabkan  dalam  waktu  singkat  jepang  maju  pesat  dan  mampu
          bersaing  dengan  negara  maju  lainnya,  namun  perhatian  yang
          diberikan  terhadap  keberadaan  guru  perlu  diperhitungkan  sebagai
          salah  satu  sumber  majunya  negeri  matahari  terbit  tersebut.  Bertitik
          tolak  dari  cerita  tersebut,  tidak  dapat  dipungkiri  bahwa  pendidikan
          guru  harus  mendapat  perhatian  yang  memadai,  jika  negeri  tercinta
          ini ingin maju seperti  negara lainnya.
              Pada  awalnya,  pendidikan guru  berada pada dua jenjang, yaitu
          pada  jenjang  pendidikan  dasar  dan  menengah  dan  pada  jenjang



                                                                  185
   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208