Page 206 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 206

Pendidikan )arak )auh   •



       Dasar,  sejak  tahun  1990,  pendidikan  guru  sekolah  dasar  (PGSD)
       berada di jenjang pendidikan tinggi,  beralih  dari  Direktorat Jenderal
       Pendidikan  Dasar dan  Menengah  (Ditjen  Dikdasmen)  ke  Direktorat
       Jenderal  Pendidikan  Tinggi  (Ditjen  Dikti).  Dalam  surat  keputusan
       tersebut  juga  ditegaskan  bahwa  bagi  guru  SO  yang  sedang  aktif
       mengajar dan  belum  memenuhi  kualifikasi  D-11,  disediakan  Program
       Penyetaraan  D-11  PGSD  yang  diselenggarakan  oleh  Universitas
       Terbuka bekerja sama dengan  Ditjen  Dikdasmen.  Dengan demikian,
       pendidikan  guru  jarak  jauh  yang  diselenggarakan  oleh  Universitas
       Terbuka,  yang sebelumnya hanya mencakup pendidikan guru  untuk
       SLTP  dan  SLTA,  sejak  tahun  1990 juga  menangani  pendidikan  guru
       sekolah dasar.
           Di  luar negeri,  seperti  di Zimbabwe,  pendidikan jarak jauh juga
       berfungsi  sebagai  pendidikan  prajabatan  bagi  para  calon  guru.  Hal
       ini  terjadi  karena  tuntutan  jumlah  guru,  terutama  untuk  sekolah
       dasar,  jauh  melebihi  jumlah  guru  yang  dapat  dihasilkan  oleh_
       lembaga  pendidikan  guru  konvensional  (Chivore,  1992).  Program
       pendidikan  guru  jarak  jauh  ini  adalah:  The  Zimbabwe  Integrated
       National  Teacher  Education  Course  (ZINTEC).  Sebagai  pendidikan
       guru  yang  terintegrasi,  ZINTEC  bekerja  sama  dengan  lima  Teacher
       College.  Mahasiswa  ZINTEC  mengambil  kuliah  di  salah  satu  dari
       Teacher  College  tersebut  pada  awal  dan  akhir  program,  dan  pada
       waktu-waktu  tertentu  di  antaranya.  Ketika  para  mahasiswa  tidak
       mengambil  kuliah  di  Teacher  College,  mereka ditugaskan  mengajar
       di  sekolah,  dibantu  dengan  bahan  ajar  jarak  jauh,  dan  disupervisi
       oleh  para  dosen  dari  Teacher  College,  di  samping  oleh  kepala
       sekolah  dan  para  pengawas  pendidikan  (Chivore,  1992).  Dari
       deskripsi  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  pendidikan  guru  jarak
       jauh  perlu  berkolaborasi  dengan  berbagai  lembaga  yang  terkait
       dengan  pendidikan  guru,  dan  juga  dengan  lembaga  yang
       mempekerjakan  guru.  Tanpa  kolaborasi  seperti  itu,  akan  sulit  bagi





       188
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211