Page 209 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 209

•   Pendidikan  Guru ]arak ]auh  (Kasus  FKIP  Universitas Terbuka)



               Program  pendidikan  guru  di  FKIP-UT  makin  lama  makin
           berkembang.  Kerja  sama  dengan  berbagai  pihak yang terkait dengan
           tenaga  guru  telah  membuat  FKIP-UT  mengembangkan  berbagai
           program  pendidikan  guru  yang  inovatif  sesuai  dengan  kebutuhan
           lapangan,  mulai  dari  program  sertifikat,  diploma,  sampai  sarjana,
           bahkan  program  pascasarjana.  Contoh  program  pendidikan  guru
           yang  inovatif  yang  telah  dikembangkan  oleh  FKIP-UT,  antara  lain
           adalah  Program  Penyetaraan  Diploma  Ill  (D-Ill)  PGSM,  tahun  1992,
           1993,  1997,  1998;  Program  Guru  Rumpun  Bidang  Studi  (PGRBS)
           pada  tahun  1995;  dan  Program  Sertifikasi  Guru  Bidang  Studi
           (PSGBS)  pada  tahun  1997  (Winataputra,  1999).  Kiprah  FKIP-UT  ini
           membuktikan  bahwa  pendidikan  guru  jarak  jauh  memang  mampu
           menjalankan fungsi  dalam  peningkatan  kualifikasi  dan  kualitas guru.
           Kepercayaan  Direktorat  jenderal  Pendidikan  Tinggi  dalam  bentuk
           ijin  pembukaan  Program  51  PGSD  bagi  FKIP-UT  pada  tahun  2002
           merupakan  satu  indikator  tambahan,  bahwa  pendidikan  guru  yang
           diselenggarakan  oleh  FKIP-UT  memang  layak  untuk  meningkatkan
           kual it  as  dan  kual ifikasi  guru.

               Sampai  dengan  bulan  April  2005,  FKIP-UT  memiliki  lima
           jurusan,  yang  semuanya  mempunyai  m1s1  yang  sarna  yaitu
           meningkatkan  kualitas dan  kualifikasi  guru. Jurusan  llmu  Pendidikan
           menaungi  Program  Pendidikan  Guru  SD  (PGSD),  baik  jenjang  D-11,
           maupun  jenjang  S 1  serta  program  Akta  Mengajar.  jurusan
           Pendidikan  Bahasa  dan  Seni  menaungi  program  Pendidikan  Bahasa
           Indonesia dan  Pendidikan  Bahasa  lnggris,  baik  untuk guru-guru  SMP
           maupun  SMA,  pada jenjang 51. jurusan  Pendidikan  MIPA menaungi
           program  Pendidikan  Biologi,  Pendidikan  Fisika,  Pendidikan  Kimia,
           dan  Pendidikan  Matematika.  Selanjutnya,  Jurusan  Pendidikan  llmu
           Sosial  menaungi  Program  Pendidikan  Kewarganegaraan  (PKn),  serta
           Pendidikan  Ekonomi  dan  Koperasi.  Akhirnya,  jurusan  Pendidikan
           jasmani  dan  Kesehatan  menaungi  Program  D-11  PGSD  Penjaskes,




                                                                   191
   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214