Page 213 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 213

•   Pendidikan Guru )arak )auh  (Kasus  FKIP  Universitas Terbuka)



           3.  Struktur  Kurikulum,  yang  merupakan  daftar  mata  kuliah  yang
              mendukung  pencapaian  kompetensi  lulusan,  lengkap  dengan
              bobot sks  masing-masing dan sebarannya per semester.
           4.  Deskripsi  Mata  Kuliah,  untuk  semua  mata  kuliah  yang
              ditawarkan  dalam  program  studi.  Setiap  deskripsi  mata  kuliah
              memuat  kompetensi  yang  akan  dicapai  mahasiswa  setelah
              menyelesaikan  mata  kuliah  tersebut,  pengalaman  belajar  yang
              harus  dihayati  mahasiswa  untuk  mencapai  kompetensi  tersebut,
              topik/materi  kajian,  serta  prosedur  dan  alat  evaluasi  yang  akan
              digunakan  untuk  menilai  tingkat  penguasaan  kompetensi
              mahasiswa.
           5.   Pedoman  Umum  Pembelajaran,  memuat  berbagai  pendekatan,
              metocle,  dan  teknik  yang  akan  diterapkan  dalam  pembelajaran,
              yang   memungkinkan   mahasiswa   menguasai   kemampuan
              keguruan  yang diharapkan.
           6.  Pedoman  Umum  Penilaian,  memuat  prosedur,  jenis,  dan  alat
              penilaian  yang  secara  umum  digunakan   untuk  menilai
              kompetensi  para calon guru dalam berbagai  bidang.

              Dari  segi  struktur  kurikulum,  sesuai  dengan  rumpun  kompe-
           tensi  yang  harus  dikuasi}i  oleh  seorang  guru  (Depdiknas,  2002),
           yaitu:  (1)  menguasai  substansi  dan  metodologi  disiplin  ilmu  serta
           materi  kurikuler  dalam  kurikulum  sekolah,  (2)  memahami  perkem-
           bangan  peserta  didik,  (3)  menguasai  pembelajaran  yang  mendidik,
           serta  (4)  mengembangkan  kepribadian  dan  keprofesionalan;  maka
           mata  kuliah  dalam  Program  Pendidikan  Guru  jarak  jauh  dikelom-
           pokkan  menjadi  tiga,  yaitu  kelompok  Mata  Kuliah  Bidang  llmu
           (MKBI),  kelompok mata  kuliah  Kependidikan dan  Keguruan  (MKKK),
           dan  kelompok  mata  kuliah  Kepribadian  dan  Keprofesionalan
           (MKPP).  Ketiga  kelompok  mata  kuliah  ini  mengakomodasi  mata
           kuliah  yang  menunjang  pencapaian  kompetensi  utama,  kompetensi
           pendukung,  dan  kompetensi  lain,  sebagaimana yang tertuang dalam



                                                                  195
   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218