Page 213 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 213
• Pendidikan Guru )arak )auh (Kasus FKIP Universitas Terbuka)
3. Struktur Kurikulum, yang merupakan daftar mata kuliah yang
mendukung pencapaian kompetensi lulusan, lengkap dengan
bobot sks masing-masing dan sebarannya per semester.
4. Deskripsi Mata Kuliah, untuk semua mata kuliah yang
ditawarkan dalam program studi. Setiap deskripsi mata kuliah
memuat kompetensi yang akan dicapai mahasiswa setelah
menyelesaikan mata kuliah tersebut, pengalaman belajar yang
harus dihayati mahasiswa untuk mencapai kompetensi tersebut,
topik/materi kajian, serta prosedur dan alat evaluasi yang akan
digunakan untuk menilai tingkat penguasaan kompetensi
mahasiswa.
5. Pedoman Umum Pembelajaran, memuat berbagai pendekatan,
metocle, dan teknik yang akan diterapkan dalam pembelajaran,
yang memungkinkan mahasiswa menguasai kemampuan
keguruan yang diharapkan.
6. Pedoman Umum Penilaian, memuat prosedur, jenis, dan alat
penilaian yang secara umum digunakan untuk menilai
kompetensi para calon guru dalam berbagai bidang.
Dari segi struktur kurikulum, sesuai dengan rumpun kompe-
tensi yang harus dikuasi}i oleh seorang guru (Depdiknas, 2002),
yaitu: (1) menguasai substansi dan metodologi disiplin ilmu serta
materi kurikuler dalam kurikulum sekolah, (2) memahami perkem-
bangan peserta didik, (3) menguasai pembelajaran yang mendidik,
serta (4) mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan; maka
mata kuliah dalam Program Pendidikan Guru jarak jauh dikelom-
pokkan menjadi tiga, yaitu kelompok Mata Kuliah Bidang llmu
(MKBI), kelompok mata kuliah Kependidikan dan Keguruan (MKKK),
dan kelompok mata kuliah Kepribadian dan Keprofesionalan
(MKPP). Ketiga kelompok mata kuliah ini mengakomodasi mata
kuliah yang menunjang pencapaian kompetensi utama, kompetensi
pendukung, dan kompetensi lain, sebagaimana yang tertuang dalam
195