Page 217 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 217

•   Pendidikan Guru )arak )auh  (Kasus  FKIP Universitas Terbuka)



           C.  Proses  Pembelajaran,  Evaluasi,  dan  Ujian Akhir
               Nasional

            1.  Proses  Pembelajaran

               Proses  pembelajaran  merupakan  komponen  yang  paling  krusial
           dalam  pendidikan  karena  proses  pembelajaran  yang  dilaksanakan
           dengan  benar  akan  membuahkan  hasil  belajar  yang  sesuai  dengan
            harapan.  Oleh  karena  itu,  tidak  mengherankan  jika  ada  pihak yang
            mempertanyakan   apakah  proses  belajar  dalam  pendidikan  guru
           jarak  jauh  mampu  menjamin  terbentuknya  kompetensi  guru
           (Kompas,  9 Mei 2005, hal.  9).  Sikap apatis terhadap pendidikan guru
           jarak  jauh  lebih  banyak  didasarkan  pada  kurangnya  informasi
           tentang  proses  pembelajaran dalam  pendidikan  guru  jarak  jauh.  Hal
            ini  menyebabkan  munculnya anggapan,  bahwa  proses pembelajaran
           dalam  pendidikan  guru  jarak  jauh  hanya  dilakukan  dengan
            membaca  modul  dan  melalui  internet,  sebagaimana  yang terungkap
           dalam  Kompas,  9  Mei  2005  tersebut.  Padahal  sebenarnya,  sesuai
           dengan   hakikat  pembentukan  kemampuan  keguruan,  proses
           pembelajaran  dalam  pendidikan  guru  jarak  jauh  sangat  beragam,
           seperti  yang diuraikan berikut ini.
               Sesuai  dengan  karakteristik  pendidikan  jarak  jauh,  maka
            pendidikan  guru  jarak  jauh  pun  mengutamakarl  kemampuan  maha-
            siswa  untuk  belajar  mandiri,  meskipun  hasil  penelitian  menunjuk-
            kan  bahwa  mahasiswa  UT  belum  siap  mengubah  cara  belajar tatap
            muka  menjadi  cara  belajar  jarak  jauh  (Kadarko,  2000).   Hasil
            penelitian   yang   lain   menunjukkan   bahwa   mahasiswa   UT
            mempunyai  potensi  untuk  belajar  mandiri,  hanya  belum  mampu
            bertanggung jawab  secara  penuh  (Puspitasari  &  Islam,  2003).  Hasil-
            hasi I  penel itian  terse but  tentu  merupakan  alat  pemacu  bagi
            penyelenggara  program  untuk  mengupayakan  agar  para  mahasiswa






                                                                   199
   212   213   214   215   216   217   218   219   220   221   222