Page 217 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 217
• Pendidikan Guru )arak )auh (Kasus FKIP Universitas Terbuka)
C. Proses Pembelajaran, Evaluasi, dan Ujian Akhir
Nasional
1. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran merupakan komponen yang paling krusial
dalam pendidikan karena proses pembelajaran yang dilaksanakan
dengan benar akan membuahkan hasil belajar yang sesuai dengan
harapan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada pihak yang
mempertanyakan apakah proses belajar dalam pendidikan guru
jarak jauh mampu menjamin terbentuknya kompetensi guru
(Kompas, 9 Mei 2005, hal. 9). Sikap apatis terhadap pendidikan guru
jarak jauh lebih banyak didasarkan pada kurangnya informasi
tentang proses pembelajaran dalam pendidikan guru jarak jauh. Hal
ini menyebabkan munculnya anggapan, bahwa proses pembelajaran
dalam pendidikan guru jarak jauh hanya dilakukan dengan
membaca modul dan melalui internet, sebagaimana yang terungkap
dalam Kompas, 9 Mei 2005 tersebut. Padahal sebenarnya, sesuai
dengan hakikat pembentukan kemampuan keguruan, proses
pembelajaran dalam pendidikan guru jarak jauh sangat beragam,
seperti yang diuraikan berikut ini.
Sesuai dengan karakteristik pendidikan jarak jauh, maka
pendidikan guru jarak jauh pun mengutamakarl kemampuan maha-
siswa untuk belajar mandiri, meskipun hasil penelitian menunjuk-
kan bahwa mahasiswa UT belum siap mengubah cara belajar tatap
muka menjadi cara belajar jarak jauh (Kadarko, 2000). Hasil
penelitian yang lain menunjukkan bahwa mahasiswa UT
mempunyai potensi untuk belajar mandiri, hanya belum mampu
bertanggung jawab secara penuh (Puspitasari & Islam, 2003). Hasil-
hasi I penel itian terse but tentu merupakan alat pemacu bagi
penyelenggara program untuk mengupayakan agar para mahasiswa
199