Page 221 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 221

•   Pendidikan Guru ]arak ]auh  (Kasus  FKIP Universitas Terbuka)



           kelompok  berjalan,  fasilitasi  dapat  dikurangi  sambil  mendorong
           kelompok untuk mengatur dirinya sendiri.


          c.   Tutorial
              Perubahan   mendasar  dalam   paradigma  pendidikan  dari
           "berpusat  pada  guru"  menjadi  "berpusat  pada  siswa"  (Brojonegoro,
           1999),  membuat  pendidikan  guru  jarak  jauh  harus  berpikir  keras
           untuk  mewujudkan  paradigma  baru  tersebut.  Lebih-lebih  bagi  para
          guru  yang  harus  juga  mewujudkan  paradigma  tersebut  di  kelasnya,
           kegiatan  pembelajaran dalam  bentuk tutorial  menjadi  sangat penting
           karena  merupakan  kegiatan  yang  memberi  kesempatan  bagi
           mahasiswa  untuk berpartisipasi  aktif dalam  pembelajaran.  Meskipun
          tutorial  tidak  diwajibkan  bagi  mahasiswa  jarak  jauh,  namun  bagi
           pendidikan  guru,  tutorial  memegang  peran  sentral.  Di  samping
          sebagai  ajang  pertemuan  antarmahasiswa  dan  tutor  yang  mampu
           meningkatkan  motivasi  belajar  (Fiinck  &  Flinck,  1990), tutorial  juga
           berperan  penting  dalam  peningkatan  kemampuan  mahasiswa
           menguasai  kompetensi  yang  dituntut  oleh  setiap  mata  kuliah.
           Kemampuan  bekerja  sama,  kemampuan  berdiskusi,  serta  kemampu-
          an  memecahkan  masalah  merupakan  kemampuan  yang  dapat
           dibentuk  melalui  tutorial  dan  terkait  erat  dengan  pembentukan
           berbagai  kemampuan  mengajar.  Melalui  tutorial,  mahasiswa
           diharapkan  sempat  menghayati  belajar  dengan  menggunakan
           berbagai  strategi  yang  dirancang  dan  diterapkan  oleh  tutor  dengan
           pendekatan  "berpusat  pada  siswa".  Pada  gilirannya,  penghayatan
          tersebut  diharapkan  dapat  diterapkan  oleh  para  mahasiswa  di  kelas
           masing-masing.   Menyadari   pentingnya  fungsi   tutorial   dalam
           pembentukan  kemampuan  keguruan,  FKIP-UT  memberi  perhatian
           khusus pada pelaksanaan tutorial dalam berbagai  modus.

              Tutorial  diselenggarakan  dalam  berbagai  modus,  seperti  tutorial
           tatap  muka,  tutorial  tertulis,  tutorial  melalui  radio,  dan  tutorial



                                                                  203
   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226