Page 222 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 222

Pendidikan Jarak Jauh   •


       online.  Pada  umumnya, tutorial yang paling diminati oleh para  guru
       adalah tutorial  tatap muka.  Hal  ini dapat dipahami, karena  berbagai
       kemampuan/kesempatan  yang diuraikan di atas  dapat diperoleh dari
       tutorial  tatap  muka.  Kenyataan  ini  tidak  bertentangan  pula  dengan
       salah  satu  prinsip  yang  menyatakan  bahwa  pertemuan  tatap  muka
       bukan  merupakan  pantangan  dalam  pendidikan  jarak  jauh
       (Suparman,  1992).  Meskipun  demikian,  modus  tutorial  yang  lain
       juga   mendapat  perhatian   dari   mahasiswa,   khususnya  bagi
       mahasiswa  yang  karena  kondisi  tempat  tinggalnya  tidak  mungkin
       mengikuti tutorial tatap muka.
           Dalam  tutorial  tatap  muka  diberikan  tugas-tugas  yang  harus
       dikerjakan  oleh  mahasiswa  di  bawah  supervisi  para  tutor.  Tugas
       tersebut  diperiksa  oleh  tutor  dan  akan  ikut  menentukan  nilai  akhir
       yang  diperoleh  mahasiswa  dalam  mata  kuliah  tersebut.  Pada
       awalnya,  tutorial  tatap  muka  seperti  ini  disebut  sebagai:  Tutorial
       Tatap  Muka  Rancangan  Khusus  (TTM-RK)  yang  mempersyaratkan
       pertemuan  sebanyak delapan  kali  untuk satu  mata kuliah dalam satu
       semester.  Dalam  perkembangan  selanjutnya,  TTM-RK  ini  hanya
       disebut  sebagai  tutorial  tatap  muka  (TTM),  namun  prinsip
       penyelenggaraannya  sama.  Khusus  untuk  mahasiswa  pendidikan
       guru,  TTM  bersifat  wajib  diikuti  untuk  mata  kuliah  tertentu.
       Persyaratan   ini  diberlakukan  mengingat  pentingnya  interaksi
       langsung dalam pembentukan kemampuan keguruan.
           Untuk  mengikuti  tutorial,  khususnya  tutorial  tatap  muka,
       mahasiswa  wajib  mempelajari  materi  bahan  ajar  yang  akan
       ditutorialkan.  Mereka  diharapkan  datang  ke  tempat  tutorial  dengan
       berbagai  pertanyaan  atau  masalah  yang  akan  dibahas  dalam
       pertemuan  tutorial.  Berbeda  dengan  pembelajaran  tatap  muka,
       dalam  tutorial  para  tutor tidak akan  banyak  menceramahkan  materi
       yang  terdapat  dalam  modul,  tetapi  lebih  banyak  membimbing
       mahasiswa   memecahkan    masalah   yang   ditemukan   ketika




       204
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227