Page 216 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 216

Pendidikan )arak Jauh   •



       mengakomodasi  karakteristik  pendidikan  guru  jarak  jauh  dalam
       menulis  bahan  ajar,  maka  pada  awal  penulisan  diadakan  semacam
       pelatihan  singkat  dalam  menulis  bahan  ajar  mandiri.  Bahan  ajar
       yang  sudah  selesai  ditulis  kemudian  ditelaah  oleh  tenaga  akademik
       yang  berasal  dari  LPTK  yang  berbeda.  Hasil  telaah  merupakan
       masukan  bagi  penulis  untuk  memperbaiki/menyempurnakan  bahan
       ajar.  Dengan  cara  ini,  bahan  ajar mandiri yang dikembangkan  untuk
       para   mahasiswa   pendidikan   guru   jarak   jauh   akan   dapat
       dipertanggungjawabkan,  baik  dari  segi  substansi  maupun  cara
       penyajian.  Pada  kenyataannya,  bahan  ajar  dalam  bentuk  modul  ini
       banyak  dimanfaatkan  oleh  perguruan  tinggi  tatap  muka.  Kenyataan
       ini  merupakan  salah  satu  indikator bahwa  bahan  ajar  mandiri  yang
       dikembangkan  oleh  Universitas Terbuka dapat diterima/dipakai  oleh
       perguruan tinggi  lain.
           Selain  bahan  ajar  cetak,  bahan  ajar  mandiri  juga  terdiri  dari
       bahan  ajar berupa video dan  audio,  serta  bahan  ajar "online".  Bahan
       ajar  audio  dan  video  pada  dasarnya  merupakan  suplemen  dari
       bahan  ajar  cetak,  sedangkan  bahan  ajar  online  dikaitkan  dengan
       tutorial  online  yang  diperuntukkan  mahasiswa  yang  mempunyai
       akses  ke  internet.  Pada  dasarnya  semua  jenis  bahan  ajar
       dikembangkan  dengan  langkah-langkah  yang  sama  dan  bersumber
       dari  RMK.  jika  bahan  ajar  cetak  yang  disertai  dengan  multimedia
       berupa  audio  dan  video  rnerupakan  bahan  ajar  utama  yang  wajib
       diikuti/dipelajari  oleh   mahasiswa,   maka   bahan   ajar  online
       rnerupakan  bahan  ajar  alternatif,  yang  dapat  dimanfaatkan  oleh
       rnahasiswa  yang  mempunyai  akses  ke  internet.  Jal in an  kerja  sam a
       yang  dibangun  oleh. penyelenggara  pendidikan  jarak  jauh  dengan
       penyed ia  layanan  internet,  d iharapkan  dapat  men i ngkatkan  j urn lah
       rnahasiswa  yang  marnpu  memanfaatkan  bahan  ajar  online.   Di
       sarnping  itu,  juga  tersedia  bahan  ajar  dalarn  bentuk  Pembelajaran
       Berbantuan  Kornputer (PBK)  secara terbatas.




       198
   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220   221