Page 216 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 216
Pendidikan )arak Jauh •
mengakomodasi karakteristik pendidikan guru jarak jauh dalam
menulis bahan ajar, maka pada awal penulisan diadakan semacam
pelatihan singkat dalam menulis bahan ajar mandiri. Bahan ajar
yang sudah selesai ditulis kemudian ditelaah oleh tenaga akademik
yang berasal dari LPTK yang berbeda. Hasil telaah merupakan
masukan bagi penulis untuk memperbaiki/menyempurnakan bahan
ajar. Dengan cara ini, bahan ajar mandiri yang dikembangkan untuk
para mahasiswa pendidikan guru jarak jauh akan dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi substansi maupun cara
penyajian. Pada kenyataannya, bahan ajar dalam bentuk modul ini
banyak dimanfaatkan oleh perguruan tinggi tatap muka. Kenyataan
ini merupakan salah satu indikator bahwa bahan ajar mandiri yang
dikembangkan oleh Universitas Terbuka dapat diterima/dipakai oleh
perguruan tinggi lain.
Selain bahan ajar cetak, bahan ajar mandiri juga terdiri dari
bahan ajar berupa video dan audio, serta bahan ajar "online". Bahan
ajar audio dan video pada dasarnya merupakan suplemen dari
bahan ajar cetak, sedangkan bahan ajar online dikaitkan dengan
tutorial online yang diperuntukkan mahasiswa yang mempunyai
akses ke internet. Pada dasarnya semua jenis bahan ajar
dikembangkan dengan langkah-langkah yang sama dan bersumber
dari RMK. jika bahan ajar cetak yang disertai dengan multimedia
berupa audio dan video rnerupakan bahan ajar utama yang wajib
diikuti/dipelajari oleh mahasiswa, maka bahan ajar online
rnerupakan bahan ajar alternatif, yang dapat dimanfaatkan oleh
rnahasiswa yang mempunyai akses ke internet. Jal in an kerja sam a
yang dibangun oleh. penyelenggara pendidikan jarak jauh dengan
penyed ia layanan internet, d iharapkan dapat men i ngkatkan j urn lah
rnahasiswa yang marnpu memanfaatkan bahan ajar online. Di
sarnping itu, juga tersedia bahan ajar dalarn bentuk Pembelajaran
Berbantuan Kornputer (PBK) secara terbatas.
198