Page 214 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 214

Pendidikan )arak )auh   •



       SK  Mendiknas  No.  045  /2002  tentang  Kurikulum  Inti  Pendidikan
       Tinggi.
           Di  samping  kurikulum  utuh  setiap  program  studi,  kurikulum  di
       FKIP-UT  juga  terdiri  dari  paket-paket  untuk  memenuhi  kebutuhan
       peningkatan  kualitas  guru  sesuai  dengan  permintaan  dari  lapangan.
       Paket-paket  ini  dapat  merupakan  paket  yang  menjurus  kepada
       program sertifikat dan  bahkan dapat ditransfer jika ingin  melanjutkan
       ke  jenjang  yang  lebih  tinggi.  Dengan  demikian,  guru  yang
       mengambil  program  sertifikat  dapat  mentransfer  kredit  yang  telah
       dimiliki, jika ingin melanjutkan ke jenjang 51.


       2.  Bahan  Belajar Mandiri

           Bahan  ajar  untuk  setiap  mata  kuliah  dikembangkan   secara
       sistematis  melalui  pengembangan  Rancangan  Mata  Kuliah  (RMK)
       yang  mencakup  Peta  Kompetensi  dan  Garis-garis  Besar  Program
       Pembelajaran  (GBPP).  Peta  kompetensi  yang  merupakan  hasil  dari
       Analisis  lnstruksional  (AI)  menggambarkan  kompetensi  umum  yang
       akan  dicapai  dalam  satu  mata  kuliah,  serta  kompetensi  khusus  yang
       mendukung tercapainya kompetensi  umum tersebut.  Di samping itu,
       peta  kompetensi  juga  menggambarkan  hubungan  antarkompetensi
       khusus  sesuai  dengan  hakikat  setiap  kompetensi  khusus  tersebut.
       Hubungan  ini  akan  menjurus  kepada  urutan  kompetensi  yang  harus
       lebih  dahulu  dikuasai  dalam  satu  mata  kuliah.  GBPP  adalah  garis
       besar  program  yang  merupakan  peta  yang  menggambarkan
       kompetensi,.  pengalaman  belajar,  materi  kajian,  dan  evaluasi  untuk
       dituangkan dalam modul-modul bahan ajar.
           Dengan  berpedoman  pada GBPP,  para  penulis bahan  ajar akan
       mengembangkan  materi  pokok  mata  kuliah  dalam  bentuk  modul.
       Setiap  modul  merupakan  materi  pokok  yang  bersifat  pembelajaran
       mandiri  dan  lengkap,  sehingga  mampu  membimbing  mahasiswa
       untuk  belajar  mandiri.  Pembelajaran  mandiri  berarti  bahan  belajar



       196
   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219