Page 214 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 214
Pendidikan )arak )auh •
SK Mendiknas No. 045 /2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan
Tinggi.
Di samping kurikulum utuh setiap program studi, kurikulum di
FKIP-UT juga terdiri dari paket-paket untuk memenuhi kebutuhan
peningkatan kualitas guru sesuai dengan permintaan dari lapangan.
Paket-paket ini dapat merupakan paket yang menjurus kepada
program sertifikat dan bahkan dapat ditransfer jika ingin melanjutkan
ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan demikian, guru yang
mengambil program sertifikat dapat mentransfer kredit yang telah
dimiliki, jika ingin melanjutkan ke jenjang 51.
2. Bahan Belajar Mandiri
Bahan ajar untuk setiap mata kuliah dikembangkan secara
sistematis melalui pengembangan Rancangan Mata Kuliah (RMK)
yang mencakup Peta Kompetensi dan Garis-garis Besar Program
Pembelajaran (GBPP). Peta kompetensi yang merupakan hasil dari
Analisis lnstruksional (AI) menggambarkan kompetensi umum yang
akan dicapai dalam satu mata kuliah, serta kompetensi khusus yang
mendukung tercapainya kompetensi umum tersebut. Di samping itu,
peta kompetensi juga menggambarkan hubungan antarkompetensi
khusus sesuai dengan hakikat setiap kompetensi khusus tersebut.
Hubungan ini akan menjurus kepada urutan kompetensi yang harus
lebih dahulu dikuasai dalam satu mata kuliah. GBPP adalah garis
besar program yang merupakan peta yang menggambarkan
kompetensi,. pengalaman belajar, materi kajian, dan evaluasi untuk
dituangkan dalam modul-modul bahan ajar.
Dengan berpedoman pada GBPP, para penulis bahan ajar akan
mengembangkan materi pokok mata kuliah dalam bentuk modul.
Setiap modul merupakan materi pokok yang bersifat pembelajaran
mandiri dan lengkap, sehingga mampu membimbing mahasiswa
untuk belajar mandiri. Pembelajaran mandiri berarti bahan belajar
196