Page 208 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 208

Pendidikan )arak )auh   •



       dalam  latihan-latihan  PPL.  Banyaknya  mahasiswa  yang  memerlukan
       latihan  PPL,  di  samping  enggannya  sekolah  menerima  para  calon
       guru  ini  untuk  berlatih  di  sekolahnya,  serta  kurangnya  tenaga
       pembimbing,  merupakan  masalah  yang  serius  untuk  diatasi.
       Pendidikan  guru  tatap  muka  yang  relatif  memiliki  dosen  yang
       memadai  dalam  berbagai  disiplin  ilmu  serta  sekolah  yang  dekat
       dengan  kampusnya  masih  mempunyai  masalah  dalam  pelaksanaan
       PPL,  apalagi  pendidikan  guru  jarak  jauh  yang jumlah  mahasiswanya
       sangat banyak dan tersebar di seluruh  pelosok tanah  air.
           Dengan  memfokuskan  diri  pada  pendidikan  dalam  jabatan,
       pendidikan  jarak  jauh  mampu  mengatasi  kondisi  seperti  di  atas.
       Tempat  latihan  bagi  para  guru  untuk  meningkatkan  kemampuan
       mengajarnya  adalah  sekolahnya  sendi ri,  bahkan  kelasnya  send i ri.
       Hal  ini  dapat  dilakukan  karena  semua  mahasiswa  FKIP-UT  adalah
       para  guru  yang  sudah  mengajar.  Kelas  atau  sekolahnya  sendiri
       merupakan  laboratorium  bagi  para guru  untuk mencobakan  berbagai
       gagasan  inovatif  yang  diperolehnya  selama  mengikuti  pendidikan
       guru  jarak jauh.  Para  supervisor yang akan  membantu  mereka dalam
       berlatih dapat direkrut dari  para guru  senior yang terdapat di sekolah
       tersebut  atau  di  sekitarnya.  lnilah  yang  merupakan  alasan  yang  kuat
       bagi  FKIP-UT  untuk  menyelenggarakan  pendidikan  dalam  jabatan.
       Di  samping  faktor  sekolah  latihan,  tentu  masih  banyak  faktor  lain
       yang  membuat  fokus  FKIP-UT  terletak  pada  pendidikan  dalam
       jabatan.   Sistem  belajar  yang  tidak  mengenal  istilah  putus  sekolah,
       membuat para  mahasiswa,  yang juga sibuk dengan  tugasnya  sebagai
       guru,  merasa  tidak terancam.  Mereka dapat  menyelesaikan  studinya
       sesuai  dengan  kemampuan  dan  waktu  belajar  yang  tersed ia.  Bagi
       mereka  yang  memang  mempunyai  potensi  dan  waktu  yang
       memadai,  masa  studi  yang  diperlukan  mungkin  cukup  singkat,
       namun,  para  guru  yang  sangat  sibuk  dan  hanya  memiliki
       kemampuan  sedang-sedang  saja,  mungkin  memerlu-kan  waktu  studi
       yang lebih panjang.


       190
   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213