Page 127 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 127
• Pendidikan Non Formal )arak )auh
selama ini terpinggirkan, terabaikan, atau yang merasa tidak sesuai
dengan sistem pendidikan formal yang terstruktur, yang le.bih kaku
dan dibatasi ruang kelas dan waktu. Pada umumnya warga
kelompok usia sekolah (7-15) ini mempunyai kendala untuk
mengikuti pendidikan, yaitu kendala ekonomi dan jarak yang jauh.
Dengan demikian, perlu ada pendidikan alternatif yang diberikan
kepada warga belajar dengan memperhatikan karakteristik dan
kendala yang dihadapi warga belajar. Kendala yang dihadapi warga
belajar adalah masalah biaya dan ketidakmampuan warga belajar
mengatasi jarak untuk mengikuti pendidikan. Di samping itu, dapat
ditafsirkan juga warga belajar dari golongan ekonomi lemah masih
banyak yang tidak bersekolah. Sebahagian dari mereka membantu
orang tua mencari nafkah secara mandiri, atau membantu orang tua
dengan bekerja pada pihak lain. Agar mereka yang bekerja dapat
memperoleh layanan pendidikan maka layanan tersebut perlu
diberikan di luar jam kerja mereka yang beragam. Agar jarak tidak
menjadi kendala, maka pembelajaran diselenggarakan pada lokasi
yang berdekatan dengan tempat tinggal warga belajar.
Karakteristik kedua, adalah dalam penggunaan media pembe-
lajaran. Media pembelajaran telah digunakan untuk berbagai
kegiatan dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya proses
pembelajaran adalah proses komunikasi. Dalam proses komunikasi,
guru berperan sebagai sumber pesan (communicator), dan peserta
didik berperan sebagai penerima pesan (communican). Agar pesan
tersebut dapat diterima secara efektif oleh peserta didik diperlukan
sarana penyalur pesan, yaitu media pembelajaran. Menurut Heinich,
(1996), media pembelajaran merupakan penyalur pesan yang
disampaikan oleh guru kepada peserta didik agar pesan tersebut
dapat diserap dengan mudah dan cepat. Di dalam Sistem Pendidik-
an Kesetaraan Program Paket A, B, dan C media pembelajaran
dijadikan bagian yang tidak terpisahkan dan berfungsi sebagai
sumber utama pengganti guru. Media pembelajaran tersebut
109