Page 127 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 127

•   Pendidikan  Non Formal )arak )auh



            selama  ini  terpinggirkan,  terabaikan,  atau  yang  merasa  tidak  sesuai
            dengan  sistem  pendidikan  formal  yang  terstruktur,  yang  le.bih  kaku
            dan  dibatasi  ruang  kelas  dan  waktu.  Pada  umumnya  warga
            kelompok  usia  sekolah  (7-15)  ini  mempunyai  kendala  untuk
            mengikuti  pendidikan,  yaitu  kendala  ekonomi  dan  jarak  yang  jauh.
            Dengan  demikian,  perlu  ada  pendidikan  alternatif  yang  diberikan
            kepada  warga  belajar  dengan   memperhatikan  karakteristik  dan
            kendala yang dihadapi warga belajar.  Kendala yang dihadapi  warga
            belajar  adalah  masalah  biaya  dan  ketidakmampuan  warga  belajar
            mengatasi  jarak  untuk mengikuti  pendidikan.  Di  samping itu,  dapat
            ditafsirkan  juga  warga  belajar  dari  golongan  ekonomi  lemah  masih
            banyak  yang  tidak  bersekolah.  Sebahagian  dari  mereka  membantu
            orang tua  mencari  nafkah  secara  mandiri,  atau  membantu  orang tua
            dengan  bekerja  pada  pihak  lain.  Agar  mereka  yang  bekerja  dapat
            memperoleh  layanan  pendidikan  maka  layanan  tersebut  perlu
            diberikan  di  luar  jam  kerja  mereka  yang  beragam.  Agar  jarak  tidak
            menjadi  kendala,  maka  pembelajaran  diselenggarakan  pada  lokasi
            yang  berdekatan dengan tempat tinggal warga belajar.
               Karakteristik  kedua,  adalah  dalam  penggunaan  media  pembe-
            lajaran.  Media  pembelajaran  telah  digunakan  untuk  berbagai
            kegiatan  dalam  proses  pembelajaran.  Pada  dasarnya  proses
            pembelajaran  adalah  proses  komunikasi.  Dalam  proses  komunikasi,
            guru  berperan  sebagai  sumber  pesan  (communicator),  dan  peserta
            didik  berperan  sebagai  penerima  pesan  (communican).  Agar  pesan
            tersebut  dapat  diterima  secara  efektif oleh  peserta  didik  diperlukan
            sarana  penyalur pesan,  yaitu  media pembelajaran. Menurut Heinich,
            (1996),  media  pembelajaran  merupakan  penyalur  pesan  yang
            disampaikan  oleh  guru  kepada  peserta  didik  agar  pesan  tersebut
            dapat diserap  dengan  mudah  dan  cepat.  Di dalam  Sistem  Pendidik-
            an  Kesetaraan  Program  Paket  A,  B,  dan  C  media  pembelajaran
            dijadikan  bagian   yang  tidak  terpisahkan  dan   berfungsi  sebagai
            sumber  utama  pengganti  guru.  Media  pembelajaran  tersebut


                                                                   109
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132