Page 132 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 132
Pendidikan )arak )auh •
kedua program tersebut memiliki enam karakteristik SPJJ sebagai-
mana yang dijelaskan di atas.
C. Pengembangan Bahan Ajar Mandiri
Pembelajaran berbasis kompetensi dilaksanakan dengan
memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta
kompetensi dasar pada umumnya. Pembelajaran menggunakan
bahan ajar mandiri atau yang lebih dikenal dengan nama modul.
Bahan ajar mandiri atau modul merupakan bahan ajar utama atau
suatu aplikasi dari salah satu pendekatan pembelajaran mandiri.
Belajar mandiri memfokuskan penguasaan kompetensi dari bahan
kajian yang dipelajari dengan waktu tertentu sesuai dengan potensi
dan kondisi peserta didik. Konsep belajar mandiri menuntut peserta
didik melakukan pembelajaran secara proaktif dan mandiri karena
proses belajar harus dapat terjadi dengan porsi kehadiran guru yang
relatif lebih sedikit. Untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan,
peserta didik perlu memanfaatkan modul yang tersedia yang
didesain khusus dan sangat sistematis untuk dipelajari secara
mandiri. Oleh karena itu, dalam pengembangannya hendaknya
diperhatikan kriteria penulisan modul seperti : mudah dibaca,
menggunakan bahasa yang sederhana, jelas dan komunikatif.
Menurut Suparman (1995) komponen-komponen berikut ini, harus
ada dalam mengembangkan modul.
1. Penulisan Bagian Pendahuluan
Bagian pendahuluan di dalam modul berisi deskripsi singkat
materi yang dibahas, relevansi atau kegunaan materi dan tujuan
yang diharapkan dicapai, serta petunjuk mempelajari modul. Pada
umumnya ada dua jenis pendahuluan yan~ harus ditulis, yaitu
pendahuluan untuk satu mata pelajaran, yang disebut a. Tinjauan
mata pe/ajaran dan b. Pendahuluan untuk setiap modul.
114