Page 132 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 132

Pendidikan )arak )auh   •



       kedua  program  tersebut  memiliki  enam  karakteristik  SPJJ  sebagai-
       mana yang dijelaskan di atas.


       C.  Pengembangan  Bahan Ajar Mandiri
          Pembelajaran   berbasis   kompetensi   dilaksanakan   dengan
       memperhatikan  kebutuhan  dan  karakteristik  peserta  didik  serta
       kompetensi  dasar  pada  umumnya.  Pembelajaran  menggunakan
       bahan  ajar  mandiri  atau  yang  lebih  dikenal  dengan  nama  modul.
       Bahan  ajar  mandiri  atau  modul  merupakan  bahan  ajar  utama  atau
       suatu  aplikasi  dari  salah  satu  pendekatan  pembelajaran  mandiri.
       Belajar mandiri  memfokuskan   penguasaan  kompetensi  dari  bahan
       kajian  yang dipelajari  dengan  waktu  tertentu  sesuai  dengan  potensi
       dan  kondisi peserta didik. Konsep belajar  mandiri  menuntut peserta
       didik  melakukan  pembelajaran  secara  proaktif  dan  mandiri  karena
       proses  belajar harus dapat terjadi  dengan  porsi  kehadiran  guru  yang
       relatif  lebih  sedikit.  Untuk  mencapai  hasil  belajar  yang  diinginkan,
       peserta  didik  perlu  memanfaatkan   modul  yang  tersedia  yang
       didesain  khusus  dan  sangat  sistematis   untuk  dipelajari  secara
       mandiri.   Oleh  karena  itu,  dalam  pengembangannya  hendaknya
       diperhatikan  kriteria  penulisan  modul  seperti  :  mudah  dibaca,
       menggunakan  bahasa  yang  sederhana,  jelas  dan  komunikatif.
       Menurut  Suparman  (1995)  komponen-komponen  berikut  ini,  harus
       ada dalam mengembangkan modul.

       1.  Penulisan  Bagian  Pendahuluan

          Bagian  pendahuluan  di  dalam  modul  berisi  deskripsi  singkat
       materi  yang  dibahas,  relevansi  atau  kegunaan  materi  dan  tujuan
       yang  diharapkan  dicapai,  serta  petunjuk  mempelajari  modul.  Pada
       umumnya  ada  dua  jenis  pendahuluan  yan~  harus  ditulis,  yaitu
       pendahuluan  untuk  satu  mata  pelajaran,  yang  disebut  a.  Tinjauan
       mata pe/ajaran dan  b.  Pendahuluan  untuk setiap modul.



       114
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137