Page 135 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 135
• Pendidikan Non Formal ]arak ]auh
setelah mengerjakan tes formatif. Menurut Dick &Carey (1978)
tindak lanjut untuk memperbaiki kesalahan dibuat semenarik
mungkin, agar peserta didik bisa dipacu perhatiannya dalam
mempelajari modul. Peserta didik harus mengulang mempelajari
modul jika jawaban yang benar baru 60 % atau peserta didik
belajar lagi sampai ia memperoleh nilai B ( 80% ) atau A ( 90%).
Apabila telah memperoleh nilai B/A peserta didik dapat melanjutkan
ke bab berikutnya. Kunci jawaban tes formatif berisi jawaban tes
formatif yang dilengkapi dengan penjelasan dan sebab dari jawaban
yang benar atau terpilih. Tujuan diadakannya penjelasan agar
peserta didik memahami mengapa jawaban tersebut yang dipilih.
D. Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B, dan C
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan l.uar Sekolah
dan Pemuda menyelenggarakan program pendidikan nonformal.
Salah satu pelayanan pendidikan nonformal adalah Pendidikan
Kesetaraan. Pendidikan Kesetaraan meliputi Program Paket A setara
SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMNMA,
merupakan bahagian dari pendidikan nonformal/pendidikan luar
sekolah.
Secara filosofis, kebijakan yang dilakukan oleh penyelenggara
didalam melaksanakan program Paket A, B dan C sesuai dengan
misi utama pemerintah. Konstitusi secara tegas mengamanatkan,
pemerintah berkewajiban memberi layanan pendidikan kepada
setiap warga negara tanpa membedakan latar belakang sosial
ekonomi. Sasaran pendidikan kesetaraan adalah peserta didik usia
sekolah untuk menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun,
dan peserta didik dewasa untuk meningkatkan kecakapan dan taraf
hidup. Di samping itu, ketiga program ini juga melayani warga
11 7