Page 130 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 130

Pendidikan Jarak )auh   •



          Karakteristik  ke/ima,  adalah  belajar  dengan  kelompok  kecil,
      pembelajaran  diselenggarakan  pada  lokasi  yang  berdekatan  dengan
      tempat tinggal  peserta  didik.  Pembelajaran  diadakan  melalui  bentuk
      kelompok-kelompok   belajar.   Kelompok   belajar   terdiri   dari
      kelompok-kelompok  kecil  yang  beranggota  teman-teman  terdekat
      atau  jarak  tempat  tinggal  yang  dekat,  peserta  didik  dapat  belajar
      bersama  untuk  memecahkan  berbagai  permasalahan   belajar.
      Kegiatan  kelompok  belajar  ini  diharapkan  menjadi   pertemuan
      berkala,  dan  penambahan  pengalaman  agar  peserta  didik  mampu
      untuk  berdiskusi  dan  memecahkan  masalah  yang  ditemui  di  dalam
      materi  yang  disajikan  di  dalam  modul.  Di  samping  itu,  belajar
      kelompok  adalah  untuk  mendukung  keberhasilan  belajar  mandiri.
      Pendidikan  Kesetaraan  Program  Paket  A,  B,  dan  C  memiliki
      kelompok belajar  yang tersebar di seluruh  Indonesia.
          Karakteristik  keenam,  adalah  tutorial  yang  diartikan  sebagai
      bimbingan  dan  bantuan  belajar.  Tutorial  adalah  satu  bentuk
      bimbingan  belajar atau  bantuan  belajar  yang  potensial  dan  mampu
      menciptakan  situasi  belajar  yang  kondusif  dan  peningkatan  hasil
      belajar  peserta  didik.  Dalam  SPJL  salah  satu  bentuk  layanan  belajar
      yang  diberikan  kepada  peserta  didik  adalah  tutorial  tatap  muka.
      Tutorial  merupakan  bagian  integral  dari ,proses  pembelajaran  SPJJ.
      Kegiatan  tutorial  ini  diharapkan  memicu  proses  belajar  agar  peserta
      didik  mampu  belajar  secara  mandiri,  sehingga  dapat  membantu
      kelancaran  proses  pembelajaran.  Dalam  kegiatan  tutorial,  tutor
      berperan  sebagai  fasilitator,  nara  sumber,  pengelola  kegiatan
      pembelajaran,  penilai  pembelajaran,  pembimbing  dan  pemberi
      bantuan  belajar  perseorangan  maupun  kelompok.  Menurut  Acuan
      Pembelajaran  Pendidikan  Kesetaraan  Program  Paket  A,  B,  dan  C
      (2004),  di  dalam  proses  pembelajaran  Pendidikan  Kesetaraan
      Program  Paket  A,  B,  dan  C  pada  satu  sisi  tutor  memiliki  peranan
      fokus  yang  bertanggung  jawab  untuk  mengarahkan  pembelajaran:
      apa  yang  akan  dipelajari,  bagaimana  mempelajarinya,  dan  kapan


       112
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135