Page 130 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 130
Pendidikan Jarak )auh •
Karakteristik ke/ima, adalah belajar dengan kelompok kecil,
pembelajaran diselenggarakan pada lokasi yang berdekatan dengan
tempat tinggal peserta didik. Pembelajaran diadakan melalui bentuk
kelompok-kelompok belajar. Kelompok belajar terdiri dari
kelompok-kelompok kecil yang beranggota teman-teman terdekat
atau jarak tempat tinggal yang dekat, peserta didik dapat belajar
bersama untuk memecahkan berbagai permasalahan belajar.
Kegiatan kelompok belajar ini diharapkan menjadi pertemuan
berkala, dan penambahan pengalaman agar peserta didik mampu
untuk berdiskusi dan memecahkan masalah yang ditemui di dalam
materi yang disajikan di dalam modul. Di samping itu, belajar
kelompok adalah untuk mendukung keberhasilan belajar mandiri.
Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B, dan C memiliki
kelompok belajar yang tersebar di seluruh Indonesia.
Karakteristik keenam, adalah tutorial yang diartikan sebagai
bimbingan dan bantuan belajar. Tutorial adalah satu bentuk
bimbingan belajar atau bantuan belajar yang potensial dan mampu
menciptakan situasi belajar yang kondusif dan peningkatan hasil
belajar peserta didik. Dalam SPJL salah satu bentuk layanan belajar
yang diberikan kepada peserta didik adalah tutorial tatap muka.
Tutorial merupakan bagian integral dari ,proses pembelajaran SPJJ.
Kegiatan tutorial ini diharapkan memicu proses belajar agar peserta
didik mampu belajar secara mandiri, sehingga dapat membantu
kelancaran proses pembelajaran. Dalam kegiatan tutorial, tutor
berperan sebagai fasilitator, nara sumber, pengelola kegiatan
pembelajaran, penilai pembelajaran, pembimbing dan pemberi
bantuan belajar perseorangan maupun kelompok. Menurut Acuan
Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B, dan C
(2004), di dalam proses pembelajaran Pendidikan Kesetaraan
Program Paket A, B, dan C pada satu sisi tutor memiliki peranan
fokus yang bertanggung jawab untuk mengarahkan pembelajaran:
apa yang akan dipelajari, bagaimana mempelajarinya, dan kapan
112