Page 134 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 134
Pendidikan )arak )auh •
b. Contoh
Contoh dapat berupa benda, illustrasi, angka dan gambar.
Tujuan diberikan contoh adalah untuk memantapkan
pemahaman peserta didik. Contoh yang digunakan dalam
penyaj ian uraian harus rei evan dengan isi uraian, konsisten,
logis, dan bermakna dan sesuai dengan realitas.
c. Latihan
Latihan adalah berbagai bentuk kegiatan belajar yang harus
dilakukan peserta didik setelah membaca uraian materi, untuk
memantapkan pemahaman terhadap materi yang disajikan.
Latihan yang diberikan harus relevan dengan materi yang
disajikan dan sesuai dengan kemampuan peserta didik. Latihan
yang sering dilakukan melatih peserta didik dapat berpikir kritis
dan logis.
Bagian akhir dari modul adalah rangkuman dan penutup.
Rangkuman adalah uraian singkat tentang saripati dari uraian materi
yang telah disajikan. Rangkuman harus disajikan secara ringkas dan
berurutan. Tujuan dari penutup adalah untuk peserta didik
mempersiapkan diri mengukur prestasinya berdasarkan tujuan yang
ingin dicapai. Bagian penutup terdiri dari tes formatif, umpan balik,
tindak lanjut dan kunci jawaban tes formatif beserta penjelasannya.
Tes formatif adalah tes yang diberikan untuk mengukur tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi yang dibahas. Menurut
Hannafin (1988) tujuan utama diadakannya tes formatif adalah
sebagai prosedur sistematik yang digunakan untuk pemantapan
tujuan-tujuan belajar yang telah dicapai. Umpan balik adalah suatu
petunjuk untuk mengukur jawaban sendiri setelah peserta didik
menjawab seluruh soal tes formatif. Pada umumnya umpan balik
yang diberikan adalah untuk memberikan jawaban yang benar.
Tindak lanjut adalah informasi tentang hasil kerja peserta didik
116

