Page 139 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 139

•   Pendidikan Non Formal  ]arak ]auh



           3.  Kompetensi Mata Pelajaran
               Standen  kompetensi  mata  pelajaran  terdiri  atas  sejumlah  mata
           pelajaran  berorientasi  pembinaan akhlak mulia,  akademik dan  mata
           pelajaran  kecakapan  hidup  yang  disesuaikan  dengan  kondisi  dan
           potensi  peserta  didik  dan  lingkungan   terdekatnya.  Penyampaian
           kompetensi  mata  pelajaran  disesuaikan  dengan  karakteristik  dan
           jen]ang  peserta  didik.  Kompetensi  mata  pelajaran  secara  terinci
           dapat dilihat pada  masing-masing standar kompetensi  mata pelajaran
           untuk setiap jenjang pendidikan kesetaraan.



           F.  Evaluasi dan  Ujian Akhir Nasional

               Sesuai  dengan  Keputusan   Menteri  Pendidikan  Nasional  No:
           114/U/  2001  tentang  Penilaian  Hasil  Belajar  Secara  Nasional,
           penilaian  pada  akhir program  dilakukan  melalui  ujian  nasional  yang
           dilaksanakan  oleh  Pusat  Penilaian  Pendidikan,  Badan  Penelitian  dan
           Pengembangan,   Departemen  Pendidikan  Nasional  (Puspendik
           Balitbang  Depdiknas).  Penilaian  pendidikan  ini  dimaksudkan  untuk
           menjamin  mutu  lulusan  pendidikan  nonformal  setara  dengan  lulus-
           an  pendidikan  formal.  Pada  akhir  program  pendidikan  kesetaraan,
           baik  Program  Paket  A,  Paket  B,  maupun  Paket  C,  dilaksanakan
           penilaian  pendidikan  sebagai  salah  satu  upaya  pengendalian  mutu.
           Penjaminan  dan  pengontrolan  kualitas  dilaksanakan  secara  ketat.
           Upaya  penjaminan  kualitas  dimulai  dari  penyusunan  bahan  ajar
           dengan  standar  nasional.  Penyelenggar a  an  uj ian  nasional  d i lakukan
           untuk  sejumlah  mata  pelajaran  yang  ditentukan  sebagai  standar
           nasional,  dengan  demikian  diharapkan  lulusan  program  pendidikan
           kesetaraan  mempunyai  dampak  yang  setara,  yaitu  lulusan  Paket  A
           setara  dengan  lulusan  SD/MI,  lulusan  Paket  B setara  dengan  lulusan
           SMP/MTs, dan  lulusan  Paket C setara dengan  lulusan  SMNMA





                                                                   121
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144