Page 143 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 143

•   Pendidikan Non Formal  ]arak ]auh



           grasian  yang  dimulai  sejak  tahun  2003,  telah  dirintis  di  beberapa
           tempat,  seperti  di  Kabupaten  Sumedang  dan  Krawang  Uawa  Barat  )
           dan  Kabupaten  Tanah  Datar (Sumatra Barat).
               Melihat  kondisi   di   atas,   sistem   penanganan   terhadap
           pendidikan  anak  usia  dini  di  Indonesia  selama  ini  perlu  ada
           perbaikan.  Menurut  Direktur Jenderal  Pendidikan  Luar  Sekolah  dan
           Pemuda (2004) perlu ada terobosan  baru  untuk memberdayakan dan
           mensinergikan  semua  potensi  yang  telah  ada  di  masyarakat  dalam
           rangka  tercapainya  layanan  terhadap  tumbuh-kembang  anak  secara
           utuh, menyeluruh dan terintegrasi.


           2.  Visi,  Misi  dan Tugas  Direktorat PAUD
           a.  Visi  dan  Misi
              Visi  Direktorat PAUD (2005) adalah terwujudnya anak usia dini
              yang  cerdas,  sehat,  ceria,  dan  berakhlak  mulia  serta  memiliki
              kesiapan  baik fisik  maupun  mental  dalam  memasuki  pendidikan
               lebih  lanjut.  Misi  Direktorat PAUD adalah:
              •   mengupayakan  pemerataan  pelayanan,  peningkatan  mutu,
                  dan efisiensi  penyelenggaraan pendidikan dini,
              •   mengupayakan  peningkatan  kesadaran  dan  kemampuan
                  masyarakat  dalam  memberikan  layanan  pendidikan  dini,
                  dan
              •   mempersiapkan  anak  sedini  mungkin  agar  kelak  memiliki
                  kesiapan dalam memasuki pendidikan  lebih  lanjut.
           b.  Tugas  dan  Fungsi
              Tugas  pokok  Direktorat  PAUD  (2005)   adalah  menyiapkan
               bahan  rumusan  kebijakan  dan  standarisasi  serta  pemberian
               bimbingan  teknis  dan  evaluasi  di  bidang  PAUD.  Fungsi
               Direktorat PAUD adalah:





                                                                   125
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148