Page 148 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 148
Pendidikan )arak Jauh •
c. 1\Jenggunakan pembelajaran terpadu.
Kegiatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan
pembelajaran terpadu berdasarkan tema. Tema harus menarik
minat anak, agar anak mampu mengenal berbagai konsep
dengan mudah dan jelas, sehingga pembelajaran menjadi
bermakna bagi anak. Menurut lndrati (2003), dalam pemilihan
tema hendaknya dikembangkan hal-hal yang paling dekat
dengan anak dan sederhana serta menarik minat anak.
Penggunaan tema dimaksudkan agar anak mampu mengenal
berbagai konsep secara mudah dan jelas.
f. Mengembangkan ketcrampilan hidup.
Mengembangkan keterampilan hidup bertujuan agar anak
mampu menolong dirinya sendiri, disiplin, dan mampu hidup
secara mandiri. Di samping itu, anak memperoleh bekal
keterampilan dasar yang dapat digunakan untuk mempertahan-
kan kelangsungan hidupnya di lingkungan masyarakat.
g. f\1enggunakan berbagai media dan sumber be/ajar.
Menggunakan media dan sumber belajar dari lingkungan dan
alam sekitar anak, dapat juga disiapkan oleh pendidik sesuai
dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Media dan sumber
belajar adalah sesuatu yang harus digunakan sebagai alat bantu
dalam proses pembelajaran karena sangat erat hubungannya
dengan hasil belajar anak. Menurut Kemp (1994), di dalam
proses pembelajaran media dan sumber belajar harus dijadikan
bagian yang tidak terpisahkan. Penggunaan media pembelajaran
dapat memberi pengaruh terhadap perubahan perilaku anak.
Media dan sumber belajar dapat diterima anak melalui
pendengaran, penglihatan, perabaan, dan penciuman. Tiap anak
mempunyai kemampuan yang berbeda dalam penerimaan
tersebut. Media dan sumber belajar yang sesuai dengan
130