Page 148 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 148

Pendidikan )arak Jauh   •



       c.   1\Jenggunakan pembelajaran terpadu.
           Kegiatan   pembelajaran   dirancang   dengan   menggunakan
           pembelajaran  terpadu  berdasarkan  tema.  Tema  harus  menarik
           minat  anak,  agar  anak  mampu  mengenal  berbagai  konsep
           dengan  mudah  dan  jelas,  sehingga  pembelajaran  menjadi
           bermakna  bagi  anak.  Menurut  lndrati  (2003),  dalam  pemilihan
           tema  hendaknya  dikembangkan  hal-hal  yang  paling  dekat
           dengan  anak  dan  sederhana  serta  menarik  minat  anak.
           Penggunaan  tema  dimaksudkan  agar  anak  mampu  mengenal
           berbagai  konsep secara  mudah dan jelas.
       f.   Mengembangkan ketcrampilan hidup.
           Mengembangkan  keterampilan  hidup  bertujuan  agar  anak
           mampu  menolong  dirinya  sendiri,  disiplin,  dan  mampu  hidup
           secara  mandiri.  Di  samping  itu,  anak  memperoleh  bekal
           keterampilan  dasar  yang  dapat  digunakan  untuk  mempertahan-
           kan  kelangsungan  hidupnya di  lingkungan masyarakat.
       g.   f\1enggunakan  berbagai media  dan sumber be/ajar.
           Menggunakan  media  dan  sumber  belajar  dari  lingkungan  dan
           alam  sekitar  anak,  dapat  juga  disiapkan  oleh  pendidik  sesuai
           dengan  perkembangan  dan  kebutuhan  anak.  Media dan  sumber
           belajar  adalah  sesuatu  yang  harus  digunakan  sebagai  alat  bantu
           dalam  proses  pembelajaran  karena  sangat  erat  hubungannya
           dengan  hasil  belajar  anak.  Menurut  Kemp  (1994),  di  dalam
           proses  pembelajaran  media  dan  sumber  belajar harus  dijadikan
           bagian  yang tidak terpisahkan.  Penggunaan  media pembelajaran
           dapat  memberi  pengaruh  terhadap  perubahan  perilaku  anak.
           Media  dan  sumber  belajar  dapat  diterima  anak  melalui
           pendengaran,  penglihatan,  perabaan, dan  penciuman. Tiap anak
           mempunyai  kemampuan  yang  berbeda  dalam  penerimaan
           tersebut.  Media  dan  sumber  belajar  yang  sesuai  dengan





        130
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153