Page 151 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 151

•   Pendidikan Non Formal )arak )auh



           d.  Kecerdasan  musikal,  adalah  kecerdasan  anak  dalam  bidang
               musik,  yang  dapat  memberikan  reaksi  dan  mengekspresikan
               berbagai  jenis  bentuk-bentuk  musik,  terutama  dalam  ritme,
               melodi,  irama  bunyi  alat  musik.  Anak  mudah  mengikuti  irama
               lagu  musik,  peka  terhadap  suara  di  lingkungan  sekitar  dan
               memiliki  suara  yang  bagus  untuk  menyanyi.  Anak  berprestasi
               baik  dalam  seni  musik  dan  senang  memainkan  alat  musik.
               Kecerdasan  ini  dapat dirangsang  oleh  pendidik  melalui  irama,
               nada,  berbagai  bunyi dan  menggunakan alat musik sederhana.
           e.  Kecerdasan  kinestetik,  adalah  kecerdasan  mengekspresikan  ide
               dan  perasaan  dalam  gerakan  tubuh.  Dalam  kecerdasan  ini
               termasuk  keterampilan  tubuh   khusus  seperti  koordinasi,
               keseimbangan,  kekuatan,  fleksibilitas,   dan  kecepatan.  Anak
               senang melompat-lompat, berlari,  bergulat dan  banyak bergerak,
               menunjukkan  kegiatan  fisik  melebih  anak-anak  seusianya.  Di
               samping  itu,  anak  menunjukkan  keterampilan  dalam  pekerjaan
               tangan,  seperti  : kerja  kayu,  mekanik dan  menjahit.  Kecerdasan
               kinestik  ini  dapat  dirangsang  oleh  pendidik  melalui  gerakan,
               tarian,  olahraga,  mengerjakan  sesuatu,  bekerja  dengan  tanah
               I iat, dan terutama kegiatan  yang ada gerakan tubuh.

           f.   Kecerdasan  natura/is.  adalah  kecerdasan  memahami  dan  peka
               terhadap  sifat-sifat  alam.  Anak  menyenangi  flora  dan  fauna,
               lebih  senang  belajar  di  luar  daripada  di  dalam  kelas.  Anak
               senang  dan  menikmati  berjalan-jalan  di  alam  terbuka,  suka
               berada  di  kebun  dan  memiliki  kesadaran  ekologis  yang  tinggi.
               Senang  menangkap  serangga,  akrab  dengan  hewan  peliharaan,
               senang  dengan  daun-daun  dan  benda alam  lainnya.  Kecerdasan
               ini  dapat  dirangsang  oleh  pendidik  melalui  pengamatan
               lingkungan,  bercocok  tanam,  memelihara  binatang,  termasuk
               mengamati  fenomena alam  seperti  hujan, angin,  banjir,  pelangi,
               siang malam, panas dingin, bulan dan  matahari.



                                                                   133
   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156