Page 151 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 151
• Pendidikan Non Formal )arak )auh
d. Kecerdasan musikal, adalah kecerdasan anak dalam bidang
musik, yang dapat memberikan reaksi dan mengekspresikan
berbagai jenis bentuk-bentuk musik, terutama dalam ritme,
melodi, irama bunyi alat musik. Anak mudah mengikuti irama
lagu musik, peka terhadap suara di lingkungan sekitar dan
memiliki suara yang bagus untuk menyanyi. Anak berprestasi
baik dalam seni musik dan senang memainkan alat musik.
Kecerdasan ini dapat dirangsang oleh pendidik melalui irama,
nada, berbagai bunyi dan menggunakan alat musik sederhana.
e. Kecerdasan kinestetik, adalah kecerdasan mengekspresikan ide
dan perasaan dalam gerakan tubuh. Dalam kecerdasan ini
termasuk keterampilan tubuh khusus seperti koordinasi,
keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, dan kecepatan. Anak
senang melompat-lompat, berlari, bergulat dan banyak bergerak,
menunjukkan kegiatan fisik melebih anak-anak seusianya. Di
samping itu, anak menunjukkan keterampilan dalam pekerjaan
tangan, seperti : kerja kayu, mekanik dan menjahit. Kecerdasan
kinestik ini dapat dirangsang oleh pendidik melalui gerakan,
tarian, olahraga, mengerjakan sesuatu, bekerja dengan tanah
I iat, dan terutama kegiatan yang ada gerakan tubuh.
f. Kecerdasan natura/is. adalah kecerdasan memahami dan peka
terhadap sifat-sifat alam. Anak menyenangi flora dan fauna,
lebih senang belajar di luar daripada di dalam kelas. Anak
senang dan menikmati berjalan-jalan di alam terbuka, suka
berada di kebun dan memiliki kesadaran ekologis yang tinggi.
Senang menangkap serangga, akrab dengan hewan peliharaan,
senang dengan daun-daun dan benda alam lainnya. Kecerdasan
ini dapat dirangsang oleh pendidik melalui pengamatan
lingkungan, bercocok tanam, memelihara binatang, termasuk
mengamati fenomena alam seperti hujan, angin, banjir, pelangi,
siang malam, panas dingin, bulan dan matahari.
133