Page 149 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 149
• Pendidikan Non Formal Jarak Jauh
berbagai jenis indra yang dimiliki anak yang kondisinya sangat
berbeda sangat menunjang proses pembelajaran.
h. Pembelajaran berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan
anak.
Proses pembelajaran berorientasi pada prinsip-prinsip perkem-
bangan anak, artinya proses pembelajaran memperhatikan
prinsip-prinsip perkembangan anak, terutama pada masa peka
atau masa emas anak-anak usia dini. Menurut Semiawan
(2004), setiap anak dilahirkan dengan perbedaan kemampuan,
bakat dan minat. Anak dapat berkembang seoptimal mungkin,
jika kemampuan, bakat dan minatnya masing-masing diperhati-
kan sebagai dimensi yang ikut mempengaruhi hasil belajar anak.
jika anak diperlakukan sesuai dengan kebutuhan perkembang-
an, dimungkinkan penggalian potensi anak secara optimal.
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pendidik, dimana
pendidik bisa memilih kegiatan untuk dipadukan dengan
kebutuhan perkembangan anak, minat, bakat dan potensi anak.
2. Kecerdasan Jarnak
Kegiatan pendidikan anak usia dini diarahkan pada upaya untuk
merangsang semua potensi kecerdasan anak dengan memperhatikan
9 (sembi lc111' bidang kecerdasan anak. Berdasarkan perkembangan
teori terakhir tentang kecerdasan jamak (Multiple Intelligence) dari
Armstrong (1994), dan Gardner (1993) setiap anak memiliki potensi
kecerdasan jamak, yang berfungsi secara unik. Potensi kecerdasan
jamak ini akan berkembang secara maksimal, jika anak menerima
layanan pendidikan sejak dini dan yang tepat sesuai dengan
perkembangan anak. Potensi anak akan berkembang secara
maksimal, sehingga anak menjadi cerdas dalam bidang yang
dikembangkan. Akan tetapi sebaliknya anak akan mempunyai
tingkat kecerdasan rendah, jika potensi anak tidak dikembangkan
131

