Page 149 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 149

•   Pendidikan  Non  Formal  Jarak Jauh


              berbagai  jenis  indra  yang  dimiliki  anak  yang  kondisinya  sangat
              berbeda sangat menunjang proses  pembelajaran.

          h.  Pembelajaran  berorientasi  pada  prinsip-prinsip  perkembangan
              anak.
              Proses  pembelajaran  berorientasi  pada  prinsip-prinsip  perkem-
              bangan  anak,  artinya  proses  pembelajaran  memperhatikan
              prinsip-prinsip  perkembangan  anak,  terutama  pada  masa  peka
              atau  masa  emas   anak-anak  usia  dini.  Menurut  Semiawan
              (2004),  setiap  anak  dilahirkan  dengan  perbedaan  kemampuan,
              bakat  dan  minat.  Anak  dapat  berkembang  seoptimal  mungkin,
              jika kemampuan,  bakat dan  minatnya  masing-masing diperhati-
              kan  sebagai dimensi yang ikut mempengaruhi  hasil  belajar anak.
              jika  anak  diperlakukan  sesuai  dengan  kebutuhan  perkembang-
              an,  dimungkinkan  penggalian  potensi  anak  secara  optimal.
              Banyak  cara  yang  dapat  dilakukan  oleh  pendidik,  dimana
              pendidik   bisa  memilih  kegiatan  untuk  dipadukan  dengan
              kebutuhan perkembangan anak,  minat,  bakat dan  potensi anak.


          2.  Kecerdasan Jarnak
              Kegiatan  pendidikan  anak  usia dini diarahkan  pada  upaya  untuk
          merangsang semua  potensi  kecerdasan  anak dengan  memperhatikan
          9  (sembi lc111'  bidang  kecerdasan  anak.  Berdasarkan  perkembangan
          teori  terakhir  tentang  kecerdasan  jamak (Multiple  Intelligence)  dari
          Armstrong (1994),  dan  Gardner (1993)  setiap anak memiliki  potensi
          kecerdasan  jamak, yang   berfungsi  secara  unik.  Potensi  kecerdasan
          jamak  ini  akan  berkembang secara  maksimal,  jika anak  menerima
          layanan  pendidikan  sejak  dini  dan  yang  tepat  sesuai  dengan
          perkembangan  anak.  Potensi  anak  akan  berkembang  secara
          maksimal,  sehingga  anak  menjadi  cerdas  dalam  bidang  yang
          dikembangkan.  Akan  tetapi  sebaliknya  anak  akan  mempunyai
          tingkat  kecerdasan  rendah,  jika  potensi  anak  tidak  dikembangkan



                                                                  131
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154