Page 146 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 146
Pendidikan Jarak )auh •
• Keberpihakan kepada anak/warga masyarakat yang karena
sesuatu hal tidak terjangkau dan/atau tidak memiliki
kemampuan untuk menjangkau lembaga-lembaga pendidik-
an anak usia dini yang telah ada.
H. Menu Pembelajaran Generik
Direktorat PAUD telah mengembangkan berbagai Acuan untuk
layanan pendidikan anak usia dini. Salah satu di antaranya adalah
Acuan Menu Pembelajaran untuk PAUD atau dikenal dengan Menu
Pembelajaran Generik. Menurut )alai (2004), menu pembelajaran
generik artinya menu pembelajaran yang tidak bersifat paten (tidak
harus diikuti secara kaku ). Menu tersebut dapat dikembangkan lebih
lanjut oleh para penyelenggara PAUD di lapangan. Acuan ini akan
disempurnakan secara terus menerus, berdasarkan masukan dari
lapangan dan hasil-hasil penelitian terbaru. Acuan ini digunakan
sampai ada Acuan yang baru dan baku. Menu Pembelajaran Generik
yang telah disusun oleh Direktorat PAUD (2002) serta penyem-
purnaan dan penambahan dari beberapa pendapat para ahli
lainnya, akan diuraikan di bawah ini.
1. Pendekatan Pembelajaran Generik
a. Berorientasi pada kebutuhan anak.
Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini hanis senantiasa
berorientasi kepada kebutuhan anak. Kebutuhan anak yang
dimaksud adalah untuk mendapat layanan pendidikan,
kesehatan dan gizi yang dilaksanakan secara integratif dan
hoi istik.
b. Be/ajar melalui bermain.
Bermain sambil belajar adalah penting untuk perkembangan
anak karena bermain adalah suatu kebutuhan anak. Melalui
128

