Page 146 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 146

Pendidikan Jarak )auh   •



           •   Keberpihakan  kepada  anak/warga  masyarakat  yang  karena
               sesuatu  hal  tidak  terjangkau  dan/atau  tidak  memiliki
               kemampuan  untuk menjangkau  lembaga-lembaga pendidik-
               an  anak usia dini yang telah ada.



       H.  Menu Pembelajaran Generik
           Direktorat  PAUD  telah  mengembangkan  berbagai  Acuan  untuk
       layanan  pendidikan  anak  usia  dini.  Salah  satu  di  antaranya  adalah
       Acuan  Menu  Pembelajaran  untuk PAUD atau  dikenal  dengan  Menu
       Pembelajaran  Generik.  Menurut  )alai  (2004),  menu  pembelajaran
       generik artinya  menu  pembelajaran  yang tidak  bersifat  paten  (tidak
       harus diikuti secara kaku ).  Menu tersebut dapat dikembangkan lebih
       lanjut  oleh  para  penyelenggara  PAUD di  lapangan.  Acuan  ini  akan
       disempurnakan  secara  terus  menerus,  berdasarkan  masukan  dari
       lapangan  dan  hasil-hasil  penelitian  terbaru.  Acuan  ini  digunakan
       sampai  ada Acuan yang baru dan  baku. Menu Pembelajaran Generik
       yang  telah  disusun  oleh  Direktorat  PAUD  (2002)  serta  penyem-
       purnaan  dan  penambahan  dari  beberapa   pendapat  para  ahli
       lainnya,  akan diuraikan di bawah  ini.


       1.  Pendekatan Pembelajaran Generik

       a.   Berorientasi pada kebutuhan anak.
           Kegiatan  pembelajaran  pada  anak  usia  dini  hanis  senantiasa
           berorientasi  kepada  kebutuhan  anak.  Kebutuhan  anak  yang
           dimaksud   adalah   untuk   mendapat   layanan   pendidikan,
           kesehatan  dan  gizi  yang  dilaksanakan  secara  integratif  dan
           hoi istik.

       b.   Be/ajar melalui bermain.
           Bermain  sambil  belajar  adalah  penting  untuk  perkembangan
           anak  karena  bermain  adalah  suatu  kebutuhan  anak.  Melalui



       128
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151