Page 145 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 145
• Pendidikan Non Formal ]arak ]auh
e. Strategi Pendekatan
Menurut Direktorat PAUD (2005), strategi pendekatan yang
dilakukan untuk pendidikan anak usia dini adalah sebagai
berikut :
• Pengelolaan pendidikan yang berbasis masyarakat.
• Pemberdayaan para pakar/praktisi di bidang pendidikan
anak usia dini/tumbuh kembang anak, melalui Forum dan
Konsorsium PAUD. Konsorsium PAUD berfungsi sebagai
pemikir, pengembang ide, nara sumber, mitra dalam
pengembangan program, inovasi program, dsb.
• Mengkaji dan merumuskan dan menerbitkan acuan teknis.
• Sosialisasi pentingnya PAUD kepada masyarakat.
• Memfasilitasi adanya jaringan informasi/komunikasi serta
jaringan kemitraan di bidang pendidikan anak usia dini.
• Memberikan bantuan teknis, pendamping dan/atau pembi-
naan secara berkesinambungan terhadap berbagai layanan
pendidikan dini yang ada di masyarakat.
• Memfasilitasi upaya-upaya peningkatan wawasan dan
kemampuan bagi para penanggung jawab, pembina, dan
petugas pendidikan anak usia dini di masyarakat (a.l.
melalui tugas be/ajar, program pelatihan, studi banding,
atau penyebarluasan informasi tentang PAUD.
• Mengembangkan berbagai acuan menu pembelajaran,
metode, bahan be/ajar dan sarana pembelajaran pendidikan
anak usia dini yang dipandang lebih mudah, murah, dan
bermutu.
• Mengembangkan pusat-pusat rujukan pendidikan anak usia
dini, melalui berbagai cara kerja sama dengan berbagai
Perguruan Tinggi, Lembaga-lembaga PAUD yang diseleng-
garakan oleh masyarakat, maupun Unit-unit Pelaksana
Teknis Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda yang ada di
tingkat Pusat, Propinsi dan Kahupaten/Kota.
127