Page 150 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 150
Pendidikan )arak )auh •
sejak dini. Setiap bidang kecerdasan dapat bekerja sama untuk
menunjang kegiatan kecerdasan tertentu. Pendidik perlu memahami
arti kecerdasan tersebut. Menurut Moleong (2003) berdasarkan
pendapat dari Armstrong (1994) pengertian sembilan kecerdasan
tersebut adalah sebagai berikut :
a. Kecerdasan verbal /inguistik, adalah kecerdasan di bidang
bahasa, kemampuan atau kompetensi anak untuk menggunakan
kata-kata secara efektif, apakah secara lisan atau tulisan. Anak
menulis kreatif, memiliki kosa kata yang luas, mengeja kata-kata
dengan mudah dan tepat. Anak unggul dalam pelajaran
membaca dan menulis. Kecerdasan ini bisa dirangsang oleh
pendidik melalui berbicara, mendengarkan, membaca, menulis,
berdiskusi, bercerita yang lucu dan berpuisi yang indah.
b. Kecerdasan logika-matematika, adalah kecerdasan dalam bidang
matematika. Kemampuan atau kompetensi anak menggunakan
bilangan angka secara efektif (misal, menghitung diluar kepala
secara cepat, menjelaskan masalah secara logis, dan kemampu-
an menggunakan bilangan). Anak menyenangi pelajaran
matematika. Kecerdasan ini bisa dirangsang oleh pendidik
melalui kegiatan menghitung, membedakan bentuk, meng-
analisis data dan bermain dengan benda-benda.
c. Kecerdasan visua/-spasial, adalah kecerdasan mempersepsikan
dunia spasial secara tepat. Kemampuan anak dalam memper-
sepsi warna, garis, dan ruang. Anak mudah membaca peta,
grafik, dan diagram, mudah memahami gambar dan illustrasi
dari pada memahami teks. Anak menonjol dalam pelajaran seni.
Kecerdasan ini dapat dirangsang oleh pendidik melalui bermain
balok-balok dan bentuk-bentuk geometri, melengkapi teka teki,
menggambar, melukis, menonton film maupun bermain dengan
daya khayal (imajinasi).
132