Page 150 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 150

Pendidikan )arak )auh   •



        sejak  dini.  Setiap  bidang  kecerdasan  dapat  bekerja  sama  untuk
        menunjang kegiatan  kecerdasan  tertentu.  Pendidik perlu  memahami
        arti  kecerdasan  tersebut.  Menurut  Moleong  (2003)  berdasarkan
        pendapat  dari  Armstrong  (1994)  pengertian  sembilan  kecerdasan
        tersebut adalah  sebagai  berikut :
        a.  Kecerdasan  verbal  /inguistik,  adalah  kecerdasan  di  bidang
           bahasa,  kemampuan atau  kompetensi anak  untuk menggunakan
           kata-kata  secara  efektif,  apakah  secara  lisan  atau  tulisan.  Anak
           menulis kreatif,  memiliki kosa  kata  yang  luas,  mengeja kata-kata
           dengan  mudah  dan  tepat.  Anak  unggul  dalam  pelajaran
           membaca  dan  menulis.  Kecerdasan  ini  bisa  dirangsang  oleh
           pendidik melalui  berbicara,  mendengarkan,  membaca,  menulis,
           berdiskusi,  bercerita yang lucu dan  berpuisi yang indah.
        b.  Kecerdasan  logika-matematika, adalah  kecerdasan dalam bidang
           matematika.  Kemampuan  atau  kompetensi  anak  menggunakan
           bilangan  angka  secara  efektif  (misal,  menghitung  diluar  kepala
           secara  cepat,  menjelaskan  masalah  secara  logis,  dan  kemampu-
           an   menggunakan  bilangan).  Anak  menyenangi  pelajaran
           matematika.   Kecerdasan  ini  bisa  dirangsang  oleh  pendidik
           melalui  kegiatan  menghitung,  membedakan  bentuk,  meng-
           analisis data dan  bermain dengan benda-benda.

        c.  Kecerdasan  visua/-spasial,  adalah  kecerdasan  mempersepsikan
           dunia  spasial  secara  tepat.  Kemampuan  anak  dalam  memper-
           sepsi  warna,  garis,  dan  ruang.  Anak  mudah  membaca  peta,
           grafik,  dan  diagram,  mudah  memahami  gambar  dan  illustrasi
           dari  pada memahami teks.  Anak menonjol dalam  pelajaran seni.
           Kecerdasan  ini  dapat dirangsang oleh  pendidik melalui  bermain
           balok-balok  dan  bentuk-bentuk  geometri,  melengkapi  teka  teki,
           menggambar,  melukis,  menonton film  maupun  bermain dengan
           daya khayal  (imajinasi).




        132
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155