Page 152 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 152
Pendidikan )arak )auh •
g. Kecerdasan interpersonal, adalah kecerdasan memaham i orang
lain, yang secara tepat dapat menggambarkan perasaan orang
lain dan memiliki rasa empati yang tinggi terhadap orang lain.
Anak senang bergaul, memimpin, mengajar, memberikan
nasihat kepada teman-temannya. Anak tidak suka membuat
masalah dengan teman-temannya. Anak senang bermain,
mencari kelompok bermain dengan orang lain. Anak punya
banyak teman, dan senang membantu temannya yang
mempunyai masalah. Kecerdasan ini dapat dirangsang oleh
pendidik melalui bermain bersama teman, bekerja sama,
bermain peran dan memecahkan masalah, serta menyelesaikan
konflik sesama teman. Anak diberi pekerjaan dan permainan di
dalam kelompok-kelompok.
h. Kecerdasan intrapersonal, adalah kecerdasan memahami
potensi diri dan pengendalian diri. Kemampuan untuk bertindak
secara adaptif atas dasar pengetahuan sendiri. Anak menunjuk-
kan kemauan dan kebebasan yang tinggi. Anak senang bekerja
sendiri daripada bekerja dengan orang lain. Anak merasakan
secara mendalam kelebihan dan kelemahan dirinya. Anak
senang belajar dari keberhasilan dan kegagalan diri sendiri.
Kecerdasan ini dapat dirangsang oleh pendidik melalui
pengembangan konsep diri, harga diri, mengenal diri sendiri,
percaya diri, termasuk kontrol diri dan disiplin.
1. Kecerdasan spiritual, adalah kecerdasan mengenal dan mencintai
ciptaan Tuhan. Anak memiliki perilaku yang baik, sopan, saling
menghargai sesama teman. Kecerdasan ini dapat dirangsang
oleh pendidik melalui penanaman nilai-nilai moral, pelajaran
budi pekerti dan agama.D
134