Page 147 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 147

•   Pendidikan  Non Formal  )arak )auh



              aktivitas  bermain,  berbagai  tugas  dan  pekerjaan  anak   dapat
              terwujud  dengan  hasil  yang  maksimal.  Bagi  anak  bermain
              merupakan  aktivitas  utama  karena  terjadinya  interaksi  anak
              dengan  lingkungannya.  Suatu  interaksi  yang  serius  dan
              mempunyai arti tersendiri yang sangat  menyenangkan.  Bermain
              merupakan  alat  utama  dan  tempat  latihan  bagi  anak.  Oleh
              karena  itu,  bermain  merupakan  pendekatan  PAUD sehingga alat
              permainan,  strategi  dan  metode yang digunakan  oleh  pendidik
              harus  menarik  dan  menyenangkan  hati  anak.  Melalui  bermain
              anak  diajak  untuk  menjelajahi  dunianya,  sesuai  dengan
              kemampuan  dan  kecepatannya,  sehingga  anak    tumbuh
              kembang  sesuai  dengan  potensinya.  Di  samping  itu,  anak
              terlatih  untuk  secara  terus  menerus  meningkatkan  diri  dan
              mandiri pada saat anak bermain.
           c.   Kreatif dan  inovatif.
              Setiap  anak  memiliki  potensi  untuk  berkembang,  seluruh
              potensi  yang  ada  di  dalam  diri  anak  perlu  dikembangkan
              seoptimal  mungkin.  Kegiatan-kegiatan  yang  dilakukan  harus
              kreatif  dan  inovatif.  Memberikan  kesempatan  kepada  anak
              untuk mengembangkan  kreativitas.  Menyiapkan berbagai  kegiat-
              an  dilakukan  dengan  cara  menarik  perhatian  anak  dan  setiap
              kegiatan  menyenangkan  yang dapat  membangkitkan  rasa  ingin
              tahu  anak.  Di  samping  itu,  kegiatan  yang  dilakukan  juga  dapat
              memotivasi  anak  untuk  berpikir  kritis,  sehingga  anak   dapat
              menemukan hal-hal  baru  dari kegiatan tersebut secara  mandiri.
           d.   Lingkungan yang kondusif.
               Lingkungan  pembelajaran  harus  diciptakan  sedemikian  menye-
              nangkan  dan  menarik.  Setiap  anak  merasa  senang  dan  nyaman
              dalam  bermain,  sehingga  anak  selalu  betah  berada  di  dalam
              ruangan  atau  di  luar  ruangan.  Lingkungan  fisik  dan  sarana
              belajar senantiasa disesuaikan dengan  ruang gerak anak.



                                                                  129
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152