Page 147 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 147
• Pendidikan Non Formal )arak )auh
aktivitas bermain, berbagai tugas dan pekerjaan anak dapat
terwujud dengan hasil yang maksimal. Bagi anak bermain
merupakan aktivitas utama karena terjadinya interaksi anak
dengan lingkungannya. Suatu interaksi yang serius dan
mempunyai arti tersendiri yang sangat menyenangkan. Bermain
merupakan alat utama dan tempat latihan bagi anak. Oleh
karena itu, bermain merupakan pendekatan PAUD sehingga alat
permainan, strategi dan metode yang digunakan oleh pendidik
harus menarik dan menyenangkan hati anak. Melalui bermain
anak diajak untuk menjelajahi dunianya, sesuai dengan
kemampuan dan kecepatannya, sehingga anak tumbuh
kembang sesuai dengan potensinya. Di samping itu, anak
terlatih untuk secara terus menerus meningkatkan diri dan
mandiri pada saat anak bermain.
c. Kreatif dan inovatif.
Setiap anak memiliki potensi untuk berkembang, seluruh
potensi yang ada di dalam diri anak perlu dikembangkan
seoptimal mungkin. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan harus
kreatif dan inovatif. Memberikan kesempatan kepada anak
untuk mengembangkan kreativitas. Menyiapkan berbagai kegiat-
an dilakukan dengan cara menarik perhatian anak dan setiap
kegiatan menyenangkan yang dapat membangkitkan rasa ingin
tahu anak. Di samping itu, kegiatan yang dilakukan juga dapat
memotivasi anak untuk berpikir kritis, sehingga anak dapat
menemukan hal-hal baru dari kegiatan tersebut secara mandiri.
d. Lingkungan yang kondusif.
Lingkungan pembelajaran harus diciptakan sedemikian menye-
nangkan dan menarik. Setiap anak merasa senang dan nyaman
dalam bermain, sehingga anak selalu betah berada di dalam
ruangan atau di luar ruangan. Lingkungan fisik dan sarana
belajar senantiasa disesuaikan dengan ruang gerak anak.
129

