Page 140 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 140

Pendidikan  Jarak Jauh   •



           Sistem  Penilaian  Pendidikan  Kesetaraan  Program  Paket A,  8  dan
       C dilakukan dengan dua cara  sebagai  berikut,  yaitu:  penilaian  proses
       vang  terintegrasi  dalam  pernbelajaran,  clan  pengujian  akhir.  Kedua
       cara  penilaian  tersebut,  dilakukdn  sebagai  berikut:  Pertama,  penilai-
       an  proses  yang  tt>rintPgrasi  dalarn  pernbelc1jaran  dc1pat  dilakukan
       secara  mancliri  dengan  rnengerjakan  bPrbagai  tugas dan  latihan  yang
       terintegrac,i  dalam  setiap  modul.  Setiap  peserta  diclik  dapc1t
       menguk u r  kernampuc1nnya,  dengc1n  car a   hasi I  tugas  clan  lati han
       vang  suclc1h  dikerjdkcln  dibandingkc1n  dengc1n  kunci  jc1wa!Jan  yang
       tersc'clia  di dalam  modul.  Bila peserta  clidik sudc1h  tuntd' be/ajar dan
       nwncdpai  kompetensi  pacla  setiap  kegidtan  modul,   seLmjutnyd
       pec,ertcl  diclik dapc1t  nwngerjdkan  kegiatan  berikutnya.  Peserta  clidik
       hanya  dapat  mempelajari  mc1teri   berikutnya,  apabilcl  materi
       sebelumnya  telah  ciikuasai.   Pengontrolan  penguasaan   materi
       digur1akan  dengan  cara  nwnggunakan  soal-soal  yang  dda  eli  setiap
       akh i  1  mod ul,  dengc1n  pen i ldidn  yang  d i lakukan  oleh  tutor  dengan
       kur1ci  jawdbdn  yang  terbakukan  secarc1  nasionc1i.  Selan1c1  proses
       pembelajdrdn  berlangsung  penilaian  dildkukan  jugc1  oleh  tutor,
       melalui  pengarnatdn,  diskusi,  penugdsan,  ulcmgan,  dan  penilaian
       produk yc1ng  dihasilkdn  oleh  peserta  diciik  pada  c1khir  setiap  modul.
       Selanjutnyc1  tutor  nwmbuat  lc1poran  kemajuan  hasil  belc1jar  peserta
       didik  dati  hasil  penilaidn  yang  diperolehnyd  seldrnd  prmes  belajdr
       lwrlangsung.  Hasil  penilaian  tersebut  didokurnentasikdn  oleh  tutor
       di dalam buku rapor pesertd clidik .
         .  Kedua,  pengujian  c1khir,  untuk  rnengukur  tingkat  kesuksesan
       pest>rtc1  didik  digunakc1n  ujian  akhir  nasional  UAN.  Penildidn
       dilc1kukan  secara  nc1sional  yang  dilaksanakan  oleh  Puspendik
       Balitbang  Depdiknas  dalc1m  Ujian  Nasional  Paket  A,  Pdket  B,  dan
       Paket  C.  Penyelenggdradn  ~istern  ujian  nasional  ini  rnulai  dari
       penyusunan  soal-soal  ujian  akhir ddn  perneriksadn  lernbar jawab-
       dn  ujian  melalui kornputer,  penentuan  lokasi  ujian, penentuan batas
       kelulusan,  dan  semua  kegiatan  yang  berkaitan  dengdn  ujian  yang


       122
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145