Page 138 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 138
Pendidikan ]arak ]auh •
oleh siswa. Pada tahun 2004 telah dihasilkan kurikulum pendidikan
kesetaraan Paket A, B, dan C yang berbasis kompetensi. Kurikulum
tersebut disusun bekerja sama dengan Pusat Kurikulum yang terdiri
dari para pakar kurikulum, universitas dan forum tutor. Penyusunan
kurikulum Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B, dan C
memperhatikan beberapa standar kompetensi sebagai berikut :
1. Standar Kompetensi Kecakapan Hidup.
2. Standar Kompetensi Lulusan.
3. Standar Kompetensi Mata Pelajaran.
1. Standar Kompetensi Kecakapan Hidup
Setiap lulusan pendidikan kesetaraan diharapkan dapat memiliki
kecakapan hidup agar peserta didik memiliki keterampilan, sikap,
dan perilaku adaptif, kooperatif dan kompetitif dalam menghadapi
tantangan kehidupan di masyarakat setempat, di lingkungan baru,
atau di mana pun ia berada. Kompetensi kecakapan hidup tersebut
dikembangkan melalui proses pembelajaran dan pelatihan berbagai
mata pelajaran yang mendukung penguasaan pengetahuan,
keterampilan fungsional dan kepribadian profesional.
2. Standar Kompetensi lulusan
Standar kompetensi lulusan pendidikan kesetaraan terdiri atas a.
standar kompetensi lulusan Paket A setara SD/MI, b. standar
kompetensi lulusan Paket B setara SMP/MTs, dan c. standar
kompetensi lulusan Paket C setara SMNMA. Yang dimaksud dengan
kesetaraan dalam hal ini adalah standar kompetensi lulusan program
Paket /\, B, dan C sama dengan standar kompetensi lulusan yang
disetarakan, walaupun pendekatan dan metodologi untuk mencapai
kompetensi tersebut tidak harus sama. Di samping itu, ketiga
program Paket A, B, dan C ini diperkaya dengan keterampilan
yang lebih berorientasi kecakapan hidup.
120