Page 138 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 138

Pendidikan ]arak ]auh   •



       oleh  siswa.  Pada  tahun  2004 telah  dihasilkan kurikulum  pendidikan
       kesetaraan  Paket  A,  B,  dan  C  yang  berbasis  kompetensi.  Kurikulum
       tersebut  disusun  bekerja  sama  dengan  Pusat  Kurikulum  yang terdiri
       dari  para  pakar  kurikulum,  universitas dan  forum  tutor.  Penyusunan
       kurikulum  Pendidikan  Kesetaraan  Program  Paket  A,  B,  dan  C
       memperhatikan  beberapa standar kompetensi sebagai  berikut :
       1.   Standar Kompetensi  Kecakapan  Hidup.
       2.   Standar Kompetensi  Lulusan.
       3.   Standar Kompetensi  Mata Pelajaran.

       1.  Standar Kompetensi  Kecakapan Hidup

          Setiap  lulusan  pendidikan  kesetaraan  diharapkan dapat memiliki
       kecakapan  hidup  agar  peserta  didik  memiliki  keterampilan,  sikap,
       dan  perilaku  adaptif,  kooperatif  dan  kompetitif  dalam  menghadapi
       tantangan  kehidupan  di  masyarakat  setempat,  di  lingkungan  baru,
       atau  di  mana pun  ia  berada.  Kompetensi  kecakapan  hidup tersebut
       dikembangkan  melalui  proses  pembelajaran  dan  pelatihan  berbagai
       mata   pelajaran   yang   mendukung  penguasaan   pengetahuan,
       keterampilan fungsional  dan  kepribadian profesional.


       2.  Standar  Kompetensi  lulusan
          Standar kompetensi  lulusan  pendidikan  kesetaraan  terdiri  atas  a.
       standar  kompetensi  lulusan  Paket  A  setara  SD/MI,  b.  standar
       kompetensi  lulusan  Paket  B  setara  SMP/MTs,  dan  c.  standar
       kompetensi  lulusan  Paket C setara  SMNMA.  Yang dimaksud dengan
       kesetaraan  dalam  hal  ini adalah  standar kompetensi  lulusan  program
       Paket  /\,  B,  dan  C  sama  dengan  standar  kompetensi  lulusan  yang
       disetarakan,  walaupun  pendekatan  dan  metodologi  untuk  mencapai
       kompetensi  tersebut  tidak  harus  sama.  Di  samping  itu,  ketiga
       program  Paket  A,  B,  dan  C  ini  diperkaya  dengan  keterampilan
       yang lebih berorientasi kecakapan  hidup.



       120
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143