Page 136 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 136
Pendidikan )arak Jauh •
masyarakJt lain yang nwmerlukan layanan khu,us dalam nwmenuhi
kebutuhan belajamya sPbagai dampak perkembangan teknologi dan
ilmu pengetahuan dan perubahan peningkatan taraf hiclup. Ketiga
program ini ditujukan juga untuk pPserta clidik yang llPrasal dari
llldc,yarakat yang kurang beruntung, ticlak ~('kolah, putu~ sekolah dan
putuc, lanjut sprta usra produktif yc~ng ingin meningkc1tkan
pengetc~huan dc1n kecc1kapan hidup. l'v\Pnur·ut Acuan Pelaksanaan
Pendiclikan Kr-setaraan Progr·dm Paket .-\ R, dc1n C (200--lJ tujudn
pemliclikan kes('lcHdan aclalah SPbagdi berikut:
d. lv\emfasilitd'i pendiclikdn bc1gi kelumpok masyarakdt \'dng
karena kPterbatdSdll sosial, ekonomi, \\ c1ktu, kesempdtdn, dan
gPografi, tiddk dc1pat ber<,ei<Oiah pada usid spkoldh.
b. Menir1gkatkc1n kemampuan peser·td clidik dalc~m mengelold
sumberdc~yc~ yc1ng ada eli lingkungannyc1 untuk nwningkatkc~n
tdrdf hidupnya.
c. l\1emlwrikc1n kesetaraan akaciPmik: Paket A '>etara clengc~n
SD/MI, Paket R sPtcHcl dengan SMP/MTs dan l)aket C: sf'tar·a
dengan SMA/MA, vang clapat diper·gunakan untuk nwlanjutkan
belc1jar· ataupun kPndikdn pc1ngkat.
P('lllberidn kesptaraarl akadPmik untuk Pc1ket ~~. R. dan C:
cliper·kuat dan diperjelas oleh Pasal 26, ayat , 6 J Undc1ng-Undang
Nomor .20 Tahun .2003 tentang Sistem Pencliclikan Nasio11c1l vang
lll('nyc~takan, hasil pPrlclidikan nonformal clapc~t dihargai setarc1
dengan hasi I progr·am pPndid ikan formal setelah nwla I u i proses
penilc~idn JWnyet,lraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah
atau pemerintc~h dc~erah dengan mengacu pada stJncidr r1asiondl
rwnilaian.
118