Page 131 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 131

•   Pendidikan Non  Formal )arak )auh


           suatu  materi  dipelajari,  pada  sisi  lain  peserta  didik juga  memastikan
           pada dirinya apakah  sudah terjadi proses  belajar melalui refleksi  diri,
           pengalaman  hidup,  dan  melalui  berbagai  macam  aktivitas.  Tugas
           tutor  adalah  memotivasi  peserta  didik  agar  mau  belajar  sendiri,
           memberikan  petunjuk tentang cara  belajar,  dan  menjelaskan  materi-
           materi  sulit yang tidak dapat dipelajari  sendiri  oleh  peserta  didik.  Di
           samping  itu,  tutor  juga  bertugas  menyelenggarakan  penilaian  hasil
           belajar  dan  menyelenggarakan  administrasi  pembelajaran.  Dalam
           Pendidikan  Kesetaraan  Program  Paket  A,  B,  dan  C  pertemuan
           dengan  tutor  dapat  dikelompokkan  menjadi  dua,  yaitu  pertemuan
           awal  dan  pertemuan  akhir  pokok  bahasan.  Pada  pertemuan  awal,
           tutor  menjelaskan  tujuan  mempelajari  materi  yang  akan  dipelajari
           dan  cara  mempelajarinya.  Dengan berbekal  pada pengetahuan dasar
           tersebut,  diharapkan  peserta didik dapat mempelajari  secara  mandiri
           materi  yang  tertulis  pada  modul.  Apabila  peserta  didik  mengalami
           kesulitan,  maka  diusahakan  pemecahan  kesulitan  belajar  melalui
           kelompok  belajar.   Apabila  kesulitan   tersebut  belum  dapat
           dipecahkan,  maka  kesulitan  tersebut dibawa  pada  pertemuan  akhir
           pokok  bahasan  dengan  tutor.  Untuk  dapat  melaksanakan  tutorial
           dengan  baik,  seseorang  perlu  dilatih  agar  ia  memiliki  wawasan  dan
           keterampilan  membimbing  dan  membantu  peserta   didik  untuk
           bel ajar.
               Enam  karaktristik  pendekatan  pembelajaran  yang  telah  disebut-
           kan  di  atas,  seperti  keterpisahan  antara  pengajar  dengan  peserta
           didik,  penggunaan  media  pembelajaran,  bahan  ajar  yang  dirancang
           secara  sistematis,  belajar  mandiri  dengan  menggunakan  modul,
           kelompok  belajar  dan  tutorial,  merupakan  serangkaian  proses
           pembelajaran   yang  menjadi  karakteristik  SPJJ.  Oleh  karena  itu,
           dapat  dikatakan   bahwa  Sistem  Pendidikan  Kesetaraan  Program
           Paket  A,  B,  C  dan  PAUD   termasuk  di  dalam  kelompok  jalur
           Pendidikan  Nonformal Jarak Jauh.  Alasan  ini diberikan karena sistem
           atau  pendekatan  pembelajaran  yang  selama  ini  dilaksanakan  oleh



                                                                   113
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136