Page 128 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 128
Pendidikan )arak )auh •
membawa pesan pembelajaran yang relevan dengan tujuan dan isi
pembelajaran yang sudah ditentukan. Di dalam proses pembelajaran
peserta didik dibantu dengan menggunakan media pembelajaran
cetak (modul). Untuk Program PAUD yang terdiri dari anak-anak
berumur enam tahun kebawah proses pembelajaran dilakukan
secara tatap muka. Pembelajaran mandiri dengan menggunakan
bahan ajar cetak (modul) disiapkan untuk para guru, pendidik, orang
tua dan orang dewasa, sebagai bekal pengetahuan mereka untuk
memberikan layanan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak yang
tergabung didalam program PAUD. Perbedaan penggunaan bahan
ajar cetak didalam kedua program ini (Program Paket A, B, C dan
Program PAUD) terletak pada siapa sasaran yang harus mengguna-
kannya.
Karakteristik ketiga, adalah dalam SPJJ terdapat beberapa
subsistem penting seperti pengembangan bahan ajar, reproduksi
bahan ajar, distribusi, media komunikasi, pengujian siswa, kegiatan
instruksional, logistik dan jaminan kualitas (Suparman, 2004).
Subsistem penting SPJJ, terutama bahan ajar cetak adalah sepenuh-
nya menjadi tanggung jawab pihak Pengelola Pendidikan jarak jauh.
Bahan ajar ini dikembangkan melalui beberapa tahapan dan dengan
cara yang sistematis. Menurut Panduan Pengembangan Bahan Ajar
jarak jauh, (2001 ), proses pengembangan bahan ajar dalam SPJJ
merupakan proses yang san gat penti ng dan harus selal u terkendal i
mutunya. Pengelola Pendidikan jarak jauh atau Penyelenggara
Pendidikan kesetaraan Program Paket A, B, C dan Progrdm PAUD
dalam hal ini adalah Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat
)cnderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendi-
dikan Nasional yang bertanggung jawab mempersiapkan kegiatan
pembelajaran yang terjadi di daerah-daerah, mengembangkan bahan
ajar cetak clengan mutu yang terstandarisasi, reproduksi bahan ajar,
distribusi bahan ajar, media komunikasi dan melaksanakan evaluasi
11 0