Page 125 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 125

•   Pendidikan  Non Formal  )arak  )auh



           pendapat dari  para  ah/i  akan  menjelaskan  Sistem  Pendidikan jarak
           jauh (SPJJ)  seperti  berikut ini.
           1.   SPJJ   adalah   suatu   bentuk   pembe/ajaran   mandiri   yang
              terorganisasi  secara  sistematis,  di  mana  konseling,  penyajian
              materi   pembelajaran,   dan   penyel iaan   serta   pemantauan
              keberhasilan  siswa  dilakukan  oleh  sekelompok  tenaga  pengajar
              yang memiliki tanggung jawab sa/ing berbeda (Dohmen,  19671.
           2.   SPJJ  adalah  sistem  pendidikan  yang  tidak  mempersyaratkan
              adanya  tenaga  pengajar  di  tempat  seseorang  be/ajar,  namun
              dimungkinkan  adanya  pertemuan-pertemuan  antara  tenaga
              pengajar dan siswa pada waktu tertentu  (French  Law, 1971 ).

           3.   SPJJ  adalah  suatu  transaksi  antara  siswa  dan  pengajar  da/am
              suatu  lingkungan yang terpisah.  Proses  pengajaran  terjadi  secara
              terpisah  dari  proses  be/ajar.  Keterpisahan  ini  menyebabkan
              terjadinya  perilaku  siswa  dan  pengajar  yang  spesifik,  sehingga
              komunikasi  antara  pengajar  dengan  para  siswa  harus  difasilitasi
              o/eh  media cetak,  dan  media-media lainnya (Moore, 1973 l.
           4.  SPJJ  memiliki karakteristik sebagai  berikut:

              a.   Keterpisahan  antara  siswa dan pengajar
              b.   Penggunaan  bahan  be/ajar,  sehingga  siswa  dapat  be/ajar
                  sencliri  di  rumah
              c.   Menggur1akan  nwdid  pembe/ajaran,  sehinggd  mempersatu-
                  kan  pengajar dan siswa da/am  suatu  interaksi pembelajaran
              d.   Pertemuan   sekali-ka/i   untuk   keperluan   pembelajaran,
                  sehingga aclanyd  komunikasi dua arah  (Keegan, 19801.
           5.   SPJJ  cliclasarkan  pada  keterpisahan  antara  siswa  dan  pengajar
              dalam  ruang dan wdktu, pemanfaatan  (paket)  bahan  be/ajar yang
              dirancang diproduksi  secara  sistematis,  adanya komunikasi tidak
              terus-menerus  (non  continuous)  antara  siswa,  tutor,  clan
              organisasi  pendiclikan  melalui  berdgam  media,  serta  addnya




                                                                  107
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130