Page 125 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 125
• Pendidikan Non Formal )arak )auh
pendapat dari para ah/i akan menjelaskan Sistem Pendidikan jarak
jauh (SPJJ) seperti berikut ini.
1. SPJJ adalah suatu bentuk pembe/ajaran mandiri yang
terorganisasi secara sistematis, di mana konseling, penyajian
materi pembelajaran, dan penyel iaan serta pemantauan
keberhasilan siswa dilakukan oleh sekelompok tenaga pengajar
yang memiliki tanggung jawab sa/ing berbeda (Dohmen, 19671.
2. SPJJ adalah sistem pendidikan yang tidak mempersyaratkan
adanya tenaga pengajar di tempat seseorang be/ajar, namun
dimungkinkan adanya pertemuan-pertemuan antara tenaga
pengajar dan siswa pada waktu tertentu (French Law, 1971 ).
3. SPJJ adalah suatu transaksi antara siswa dan pengajar da/am
suatu lingkungan yang terpisah. Proses pengajaran terjadi secara
terpisah dari proses be/ajar. Keterpisahan ini menyebabkan
terjadinya perilaku siswa dan pengajar yang spesifik, sehingga
komunikasi antara pengajar dengan para siswa harus difasilitasi
o/eh media cetak, dan media-media lainnya (Moore, 1973 l.
4. SPJJ memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. Keterpisahan antara siswa dan pengajar
b. Penggunaan bahan be/ajar, sehingga siswa dapat be/ajar
sencliri di rumah
c. Menggur1akan nwdid pembe/ajaran, sehinggd mempersatu-
kan pengajar dan siswa da/am suatu interaksi pembelajaran
d. Pertemuan sekali-ka/i untuk keperluan pembelajaran,
sehingga aclanyd komunikasi dua arah (Keegan, 19801.
5. SPJJ cliclasarkan pada keterpisahan antara siswa dan pengajar
dalam ruang dan wdktu, pemanfaatan (paket) bahan be/ajar yang
dirancang diproduksi secara sistematis, adanya komunikasi tidak
terus-menerus (non continuous) antara siswa, tutor, clan
organisasi pendiclikan melalui berdgam media, serta addnya
107