Page 129 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 129

•   Pendidikan  Non Formal  )arak )auh



           pembelajaran  dalam  standar  yang  terjamin  mutunya  atau  adanya
           jaminan  kualitas.
              Karakteristik  keempat,  adalah  dalam  strategi  penyampaian
           materi  pelajaran.  Peserta  didik  belajar  secara  mandiri  melalui
           interaksinya  dengan  berbagai  sumber  belajar,  termasuk  bahan  ajar
           cetak  (modul)  yang  dirancang  dan  disiapkan  oleh  pengelola
           pendidikan  atau  penyelenggara  Pjj.  Strategi  penyampaian  materi
           pembelajaran  yang  diberikan  kepada  peserta  didik  dibantu  dengan
           bahan  ajar  cetak.  Yang  dimaksud  dengan  bahan  ajar  cetak  adalah
           bahan  pembelajaran  mandiri  untuk  mencapai  penguasaan  kompe-
          tensi  yang   sesuai  dengan  kebutuhan  dan  perkembangan  belajar
           peserta  didik.  Di  samping  itu,  peserta  didik  dapat  menentukan  dan
           menetapkan  waktu  belajar   sesuai  dengan  potensi  dan  kondisi
           peserta  didik.  Modul   ini  dapat digunakan  di  manapun  dan  kapan
           saja  oleh peserta didik. Menurut Acuan  Pembelajaran  Program  Paket
           A,  B  dan  C  (2004),  pembelajaran  dengan  menggunakan  modul
           bermanfaat  untuk  meningkatkan  efektivitas  pembelajaran  tanpa
           harus  melalui  tatap  muka  secara  teratur  karena  kondisi  geografis,
           sosial  ekonomi  dan  situasi  masyarakat.  Proses  pembelajaran  dengan
           menggunakan   modul   sebagai   bahan   ajar   utama   menuntut
           kemandirian  belajar  peserta  didik.  Dengan  bantuan  modul  yang
           sudah  dipersiapkan  terlebih  dahulu,  peserta  didik  dapat  belajar
           sendiri  di  rumah  secara  mandiri.  Konsep  belajar  mandiri  dilandasi
           oleh  filsafat  pendidikan  yang  dikemukakan  oleh  Peter  (1973  ) yang
           merumuskan  bahwa  proses  belajar dapat terjadi  tanpa  harus adanya
           proses  mengajar.  Belajar  mandiri  adalah  usaha  peserta  didik  untuk
           mencapai  kompctensi  akademis,  memberikan  kesempatan  kepada
           peserta  didik  untuk  menentukan  tujuan  belajarnya,  merencanakan
           proses  belajarnya,  menggunakan  sumber  belajar  yang  dipilihnya,
           membuat  keputusan-keputusan  akademis,  dan  melakukan  kegiatan-
           kegiatan  yang dipilihnya untuk mencapai tujuan  belajarnya.




                                                                  111
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134