Page 124 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 124
Pendidikan )arak )auh •
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan
dalam memasuki pendidikan lebih lanjut " Dunia internasional pun
sudah sepakat memberikan perhatian terhadap masalah pendidikan
pada anak-anak usia dini sebagaimana dicantumkan dalam
komitmen Education for All eli jomtien, Thailand, (1990) dan
komitmen World Fit for Children eli New York, ( 2002 ).
Pendidikan anak usia dini diselenggarakan melalui jalur
pendidikan formal, nonformal atau informal. Pendidikan formal anak
usia dini meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA)
atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan nonformal anak usia
dini mencakup Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak
(TPA) atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan informal anak usia
dini berupa pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggara-
kan oleh lingkungan dan masyarakat.
B. Sistem Pendidikan Nonformal jarak jauh
Pada dasarnya Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) dalam pelaksanaannya menggunakan Sistem
Pendidikan jarak Jauh (SPJJ). Perbedaan kedua program ini terletak
pada siswanya. Siswa Pendidikan Kesetaraan belajar secara mandiri
dibantu oleh tutor dan menggunakan bahan ajar modul. Sedangkan
untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) proses bimbingan dan
belajar diselenggarakan secara tatap muka oleh para guru. Para guru,
pendidik, orang tua muriel dan para orang dewasa lainnya
memberikan bimbingan kepada anak usia dini melalui bahan ajar
modul yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu.
Para ahli mengajukan berbagai pendapat dan konsep tentang
Sistem Pendidikan jarak jauh (SPJJ) yang satu sama lain berbeda
menurut sudut pandang atau perspektif masing-masing. Beberapa
106