Page 124 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 124

Pendidikan )arak )auh   •


      rangsangan   pendidikan   untuk   membantu   pertumbuhan   dan
      perkembangan  jasmani  dan  rohani  agar  anak  memiliki  kesiapan
      dalam  memasuki  pendidikan  lebih  lanjut  "  Dunia  internasional  pun
      sudah  sepakat  memberikan  perhatian  terhadap  masalah  pendidikan
      pada  anak-anak  usia  dini  sebagaimana  dicantumkan  dalam
      komitmen  Education  for  All  eli  jomtien,  Thailand,  (1990)  dan
      komitmen  World Fit  for Children eli  New York,  ( 2002 ).
          Pendidikan  anak  usia  dini  diselenggarakan  melalui  jalur
      pendidikan formal,  nonformal atau  informal. Pendidikan formal  anak
      usia  dini  meliputi  Taman  Kanak-Kanak  (TK),  Raudhatul  Athfal  (RA)
      atau  bentuk  lain  yang  sederajat.  Pendidikan  nonformal  anak  usia
      dini  mencakup  Kelompok  Bermain  (KB),  Taman  Penitipan  Anak
      (TPA)  atau  bentuk lain yang sederajat.  Pendidikan  informal anak  usia
      dini  berupa  pendidikan  keluarga  atau  pendidikan yang diselenggara-
      kan  oleh  lingkungan dan  masyarakat.

      B.  Sistem  Pendidikan  Nonformal jarak jauh

          Pada  dasarnya  Pendidikan  Kesetaraan  dan  Pendidikan  Anak
      Usia  Dini  (PAUD)  dalam  pelaksanaannya  menggunakan   Sistem
      Pendidikan  jarak  Jauh  (SPJJ).  Perbedaan  kedua  program  ini  terletak
      pada  siswanya.  Siswa  Pendidikan  Kesetaraan  belajar  secara  mandiri
      dibantu  oleh  tutor dan  menggunakan  bahan  ajar modul.  Sedangkan
      untuk  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  proses  bimbingan  dan
      belajar diselenggarakan  secara tatap  muka oleh  para  guru.  Para  guru,
      pendidik,  orang  tua  muriel  dan  para  orang  dewasa  lainnya
      memberikan  bimbingan  kepada  anak  usia  dini  melalui  bahan  ajar
      modul yang sudah  dipersiapkan terlebih dahulu.
          Para  ahli  mengajukan  berbagai  pendapat  dan  konsep  tentang
      Sistem  Pendidikan  jarak  jauh  (SPJJ)  yang  satu  sama  lain  berbeda
      menurut  sudut  pandang  atau  perspektif  masing-masing.  Beberapa





      106
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129