Page 137 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 137

•   Pendidikan Non Formal )arak )auh



           E.  Kurikulum  Pendidikan Kesetaraan
               Perken1bangan  i lmu  pengetah uan  dan  teknologi  membawa
           dampak terhadap  kehidupan  masyarakat  pada  umumnya.  Paradigma
           baru  pendidikan  berorientasi  pada  mutu  pendidikan  yang  berkaitan
           dengan dimensi  manusia  Indonesia seutuhnya.  Kecenderungan  yang
           terjadi  selama  ini,  proses  dalam  memberikan  layanan  pendidika11
           lebih  banyak  dikaitkdn  dengan  aspek  kemampuan  akaclemik
           khususnya   aspek   kugn it if.   Layanan   pend id i kan   seperti   tnt,
           mengakibatkan  teral)dinya  aspek-a.,pek  mora!,  bucli  pekerti,  seni  dan
            lifeskill.   Bercia"arkan   pertimbangan  tersebut  ddn  dampaknva
           terhadap  kehidupan,  maka  perlu  clilakukan  penvempurnaan  secara
           utuh  layanan  pend icl i kan  yang  cl iberi kan  kepada  masyar a kat
           terutama  yang  berkaitan  dengan  kurikulum.  Oleh  k.Jrena  itu,
           menurut  Yulaelawati  (2004)  kompetensi  dalam  kurikulum   perlu
           dikembangkan  untuk  nwmberikdn  keterdmpildn  ddn  keahlian
           berclaya  saing  serta  berdayd  suai  untuk  bertahan  hidup  dalam
           perubahan,  pertentangan,  ketidaktentuan,  d,m  kerumitcm-kerumitdn
           dalam  kehiclupan.  Kurikulum  yang  berbdsis  kompetensi  dapat
           menciptakan tamatan  yang kompeten dan cerclas  clalam  membangun
            identitas, buclaya,  serta  bangsanya.
               Kurikulum  yang  cligunakan  ddlam  Pendiclikan  Kesetaraan
            Program  Paket  A,  B clan  C  adalah  Kurikulum  Berbasis  Kompetensi
            (KBK).  Menu rut Soewondo (2001)  yang dimaksud dengan  Kurikulum
            Berbasis   Kompetensi   (KBK)   adalah   suatu   kurikulum   yang
            menekankan  pada  pengembangan  kemampuan  melakukan  tugas/
            pekerjaan  dengan  standar  performansi  tertentu,  sehingga  hasilnya
           dapat  dirasakan  oleh  peserta  didik  yaitu:  berupa  penguasaan
           terhadap  seperangkat  kompetensi  tertentu.  Kompetensi  dapat
           dimiliki  oleh  siswa,  setelah  ia  selesai  belajar.  Pengetahuan,
            ketcrampilan,  dan  sikap  serta  pola  berpikir adalah  cermin  refleksi
           dari  pemahaman  dan  penghayatan  dari  apa  yang  telah  dipelajari




                                                                   119
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142