Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka

SPAI4208 – Sejarah Pendidikan Islam

Muqowim, Indriyani Ma’rifah, Yazida Ichsan

  • Edisi 1 / 3 SKS / 9 Modul
  • 444 Halaman : ilustrasi ; 27 cm.
  • ISBN 9786342490105
  • ISBN 9786342490112 (elektronik)
  • Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2025
  • Kelas DDC [23 ] ‘297.7

Buku Materi Pokok (BMP) SPAI4208 Sejarah Pendidikan Islam mencakup kajian pemikiran filosofis mengenai hakikat, tujuan, dan pola pendidikan dalam Islam, menjelaskan hakikat serta tujuan pendidikan Islam, serta menggunakan istilah-istilah kunci seperti tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Selain itu, mahasiswa akan menganalisis sumber-sumber akademik filsafat pendidikan Islam, memahami konsep manusia sebagai makhluk pedagogis dalam Islam, serta menelaah konsep jiwa (nafs) dan fitrah man usia dalam perspektif Islam dan Barat. Pemikiran para filsuf Muslim seperti ai-Farabi, lbnu Sina, Imam ai-Ghazali, dan lbnu Khaldun juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran, termasuk kajian tentang filsafat pendidikan dalam sistem pesantren. Dengan pendekatan konseptual filosofis, metode eksploratif, diskusi, serta tugas analisis permasalahan pendidikan Islam, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang mendalam.

Tinjauan Mata Kuliah
Daftar Isi