Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
SPAI4207 – Filsafat Pendidikan Islam
Syamsuddin Arif, Mohammad Syam’un Salim, Mohamad Deny Irawan, Muhammad Sulaiman
- Edisi 1 / 3 SKS / 9 Modul
- 408 Halaman: ilustrasi; 27 cm
- ISBN 9786342490990
- ISBN (E) 9786342491003
- Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2025
- Kelas DDC [23] 297.07
Buku Materi Pokok (BMP) SPAI4207 Filsafat Pendidikan Islan mencakup kajian pemikiran filosofis mengenai hakikat, tujuan, dan pola pendidikan dalam Islam, menjelaskan hakikat serta tujuan pendidikan Islam, serta menggunakan istilah-istilah kunci seperti tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Selain itu, mahasiswa akan menganalisis sumber-sumber akademik filsafat pendidikan Islam, memahami konsep manusia sebagai makhluk pedagogis dalam Islam, serta menelaah konsep jiwa (nafs) dan fitrah manusia dalam perspektif Islam dan Barat. Pemikiran para filsuf Muslim seperti al-Farabi, Ibnu Sina, Imam al-Ghazali, dan Ibnu Khaldun juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran, termasuk kajian tentang filsafat pendidikan dalam sistem pesantren. Dengan pendekatan konseptual filosofis, metode eksploratif, diskusi, serta tugas analisis permasalahan pendidikan Islam, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang mendalam. Media pembelajaran yang digunakan meliputi presentasi interaktif, ilustrasi, audio-video, serta aktivitas dalam teks, sedangkan asesmen dilakukan melalui tes formatif, evaluasi tugas mandiri, dan ujian terstruktur dalam sistem pembelajaran Universitas Terbuka.