Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka
SPAD4402 – Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini
Sri Tatminingsih, Siti Aisyah
- Edisi 1 / PANDUAN
- 70 Halaman : ilustrasi ;27 cm.
- ISBN 9786231534521
- ISBN (E) 9786231534538
- Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2025
- Kelas DDC [23 ]
Mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (SPAD4402) merupakan mata kuliah dengan bobot 3 sks yang membekali mahasiswa agar mampu menyusun laporan hasil penelitian analisis terhadap kegiatan pengembangan di Lembaga PAUD, yaitu Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Guna mencapai kompetensi tersebut mahasiswa harus mampu melakukan langkah-langkah penelitian ilmiah melalui penelitian kelas, sebagai berikut: menentukan fokus analisis; mengkaji teori yang relevan; menyusun instrumen penelitian; melakukan pengumpulan data di Lembaga PAUD (TPA, KB dan TK) melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi; mendeskripsikan hasil penelitian; mengolah data penelitian; menganalisis hasil penelitian dengan merujuk pada kajian teori; menyimpulkan hasil analisis dan memberikan saran atau rekomendasi terkait hasil penelitiannya. Pengalaman belajar yang harus dilalui mahasiswa adalah mengkaji panduan, mengkaji teori-teori pada mata kuliah inti yang telah diambil sebelumnya, mengikuti bimbingan dan belajar mandiri. Kelulusan mata kuliah ini diperoleh dari keaktifan dan partisipasi mahasiswa dalam bimbingan serta nilai tiga laporan hasil penelitiannya. Mata kuliah ini termasuk mata kuliah praktik tanpa Ujian Akhir Semester (UAS).