Problem-Based Learning In Action : Inovasi Pembelajaran Guru Mahasiswa FKIP Universitas Terbuka
Editor : Tian Belawati; Tim Penulis : Ahmad Yani, Thoif Maulana, Kristanti Ambar Puspitasari, Arifin, Adam Darmawan, Rif’at Shafwatul Anam, Dyah Aniza Kismiati, Atima, Hamdan Muwahidin Umar, Thesa Kandaga, Suci Nurhayati, Mukti Amini, Murwati, Anita Adesti, Nur Fitria Hayati, Inas Sausan, Ayu Fahimah Diniyah Wathi, Nisa A’rafiyah Tri Wulandari, Suparno, Achmad Anwar Abidin, Veby Nursafitry, Zakirman
Di era yang cepat berubah ini, pendidikan tidak lagi dapat bergantung pada metode tradisional. Siswa saat ini memerlukan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi, dan adaptasi, yang menjadi kunci untuk menghadapi tantangan masa depan.
Buku ini memperkenalkan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebagai pendekatan untuk membantu siswa menguasai keterampilan tersebut. PBL menggeser fokus dari hafalan ke proses yang dinamis dan berpusat pada siswa, di mana mereka berperan aktif dalam memecahkan masalah dunia nyata. Dengan PBL, siswa belajar berpikir kritis, berkolaborasi, dan mengembangkan solusi praktis, keterampilan yang relevan dengan dunia modern.