Permainan Media Tiga Dimensi : Untuk Pendidikan Karakter Anak
St. Maria Ulfah
Buku ini disusun berdasarkan masalah yang terjadi dalam hal penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode permainan simulasi media tiga dimensi untuk meningkatkan karakter anak usia dini dengan berorientasi pada kebutuhan siswa agar anak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah, meliputi bagaimana bergiliran atau antri, terbiasa meletakkan sepatunya di rak sepatu, merapikan kembali peralatan belajar atau mainan yang telah selesai digunakan, dan mengetahui cara berbahasa yang sopan dan santun, seperti cara mengucapkan terima kasih, cara meminta tolong, dan perilaku lainnya.
Model permainan simulasi media tiga dimensi dapat membantu dalam menyampaikan pesan pembelajaran, media ini sangat menarik dan menyenangkan karena dilakukan oleh anak melalui sebuah permainan sehingga anak tidak merasa jenuh dan penyampaian pesan moralpun dapat dipahami oleh anak.
Pembelajaran akan terlaksana dengan baik bila didukung dengan perangkat pembelajaran seperti modul, RPP, RKM, Program semester dan lembar evaluasi. Melalui model permainan simulasi media tiga dimensi anak menjadi tahu dan memahami cara berperilaku yang baik.