Untuk menggunakan layanan RBV secara fulltext, Anda gunakan login yang teraktivasi pada UT-Online (http://elearning.ut.ac.id) dan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka

PBIN4303 – Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Edisi 2)

Yusi Rosdiana, Rudi Susilana, Lis Setiawati, Titi Chandrawati, Asep Herry Hernawan, Wina Sanjaya, Dewi Andriyani

  • Edisi 2 / 3 SKS / 9 Modul
  • 330 Halaman: ilustrasi; 27 cm
  • ISBN 978-623-480-290-0
  • ISBN (E) –
  • Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2022
  • Kelas DDC [23] 499.221 07

Kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa setelah menempuh mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kemampuan mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP/Tsanawiyah dan SMA/Aliyah.

Untuk membantu mahasiswa mencapai kompetensi tersebut, Buku Materi Pokok (BMP) ini membahas tentang: hakikat kurikulum dan pembelajaran; landasan, prinsip, dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum; kerangka dasar kurikulum 2004; hakikat pendidikan kecakapan hidup; hakikat keterampilan melek informasi; model pengembangan rencana pembelajaran dan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler; analisis komponen kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; serta analisis desain pembelajaran bahasa dan sastra.

Selain mempelajari materi melalui BMP ini, mahasiswa juga diharapkan dapat mempraktikkan cara menyusun dan menganalisis desain pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia setelah mengikuti petunjuk yang terdapat dalam BMP. Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui Ujian Akhir Semester (UAS).

Tinjauan Mata Kuliah
Daftar Isi